[] Bilik Menulisku: 2016

Selasa, 22 November 2016

Ketika berpikiran positif itu salah


Ketika sedang 'down' dan membaca tulisan

"Positive thinking backfires!"

di situ saya kembali ke 'square one'. Ibarat main dampu, saya berdiri di kotak nomor satu lagi, sambil berpikir,

"Njuk aku piye iki?"

Senin, 21 November 2016

Berhenti Bekerja Untuk Mencari Bahagia. Is It Correct?

Sedemikan berharganyakah bahagia, hingga harus dicari, dikejar, dijadikan tujuan? 

Belakangan ini, saya membaca sebuah artikel yang memetik sebuah thought-provoking quote dari Viktor Frankl, seorang Neurologist dan Psikiater dari Austria;

"It is the very pursuit of happiness that thwarts happiness." ~ Pengejaran kebahagiaan itu sendirilah yang menghalangi kebahagiaan.

Kamis, 17 November 2016

Finding me.

Who Am I?

You are not your scars
Or the blade you clasp
Ever so tightly
You are not the tears
That roll down cheeks
Like crystals
You are not the words
You curse at yourself

When looking in the mirror
You are a person
Who got a little lost
Trying to find
Who they were
But instead you found
Exactly who you aren't

~ Amanda Katherin Ricketson

Puisi ini saya temukan (seperti biasa) melalui Google. Sengaja mencari, untuk melengkapi tulisan tentang Who Am I ini :)

********
Selama ini, jujur saya akui, pembelajaran saya terhadap kehidupan di dunia ini masih bersifat keluar. Saya telat –walaupun sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk belajar, untuk mencari saya sendiri ke dalam. Padahal aslinya, hakikatnya, if we want to know who we really are, search inside. 
If you ever wonder 'Who Am I?', the truth lies beneath you.

Kamis, 10 November 2016

Atur Keuangan dengan cerdas berinvestasi dan asuransi Yuk!

Piggybank with yellow sunglasses Free Photo
 Apakah menabung itu prioritas?
“Jangan katakan apa prioritasmu. Tunjukkan kemana kamu habiskan uangmu, dan saya akan katakan apa prioritasmu.” ~ James W. Frick.
Alkisah, zaman dulu penghasilan saya sebagai single-not too white but pretty-female itu bisa dibilang fantastis, hampir tiga digit per bulan. Tapi semua uangnya habis dalam sekejap. Saya kasih-kasih ke kasir cafĂ©, kasir tempat (saya hobi –dan lumayan jago!) biliar, kasir mall dan factory outlet, juga tempat-tempat asyik lain. 

Senin, 26 September 2016

Pornografi? Merugikan, bahkan Meracuni!



“Pornography – Harmles or Toxic?”.


Begitu tulisan yang terbaca oleh setiap mata, yang minggu pagi itu berada di sepanjang Buah Batu, Bandung. Tak terkecuali saya, ditengah-tengah ‘kerusuhan’ khas Ibu RT yang mengawasi anak-anaknya berlarian kesana-kemari menghampiri tukang balon dan jajanan lainnya.

Tulisan itu berwarna hijau, dan terpampang jelas sebagai headline di sebuah rak ramping setinggi 80cm. Beberapa edisi bulletin nampak terselip di teralis-teralis besinya, dengan judul yang berbeda-beda. Tapi, of course, bulletin berwarna hijau dengan judul ‘vulgar’ itulah yang paling cepat tertangkap mata.

Seperti biasa, tiap weekend, keluarga kecil saya dikunjungi oleh nenek-kakeknya anak-anak dari Jakarta. Kebetulan, saya -yang lahir dan besar di Ibukota Negara- dapet suami yang orang Sunda. So, here we are, living in Flower City yang sejuk dan jauh dari hingar bingar Kota Metropolitan -Jakarta.

Rabu, 21 September 2016

3 'Flirty Tricks' bersama Suami

Sexy is about confidence. So, be confident and
 be the sexiest woman your hubby has ever seen!
Katanya, pernikahan di atas usia 10 tahun itu sudah mulai ‘membahayakan’. Mengapa? Karena sudah melalui masa-masa membangun yang berat di awal-awal tahun kebersamaan. Sebagian banyak orang masih mengira, bahwa ‘periode membangun’ adalah yang tersulit, tapi kenyataannya, ‘periode mempertahankan’ itu jauh lebih sulit, dan katanya dimulai pada tahun kesebelas!

Walaupun didukung oleh keadaan yang serba lebih nyaman, tapi justru ‘comfort zone’ itu bisa jadi bikin bosan. Terutama masalah ... seks! Tidak dapat dipungkiri, keintiman kita dengan suami adalah satu perekat penting dalam mempertahankan hubungan, setuju nggak? Bahkan pepatah jadoel pun sudah mewanti-wanti dengan jargon, “Perempuan itu harus jago urusan dapur, kasur, sumur, demi mempertahankan suami".

Senin, 19 September 2016

Pipis di kolam renang, boleh gitu?

Pagi ini saya dirempug, alias dikeroyok sama ibu-ibu sebuah sekolahan. Di kolam renang! Huaaa! Saya sendirian, dan pihak sebrang banyakan. Sungguh pertarungan yang tidak berimbang. Tau sendiri kan, emak-emak kalo udah ngomel berjamaah gimana? Ampuuun!

Cukup nyaman ya, untuk sekumpulan 
anak TK yang mau latihan renang :)

Jumat, 19 Agustus 2016

Saat kamar yang nyaman dan teman sekamar menjadi sahabat terbaik!

Buat saya, masa-masa terindah saya waktu jaman single dulu adalah masa-masa nge-kost. Sebuah fase di mana saya tinggal jauh dari orangtua, merasakan asyiknya berpetualang tanpa dampingan mereka. Satu era di mana saya ditempa menjadi lebih dewasa, mampu berpikir dan bertindak cepat tanpa ada Mama dan Papa di samping saya. Saat di mana teman-teman seatap menjadi sahabat, yang selalu ada dalam suka maupun duka.

Displaying Serumah (8).JPG
When friends become sisters :)
*pic by serumah.com

Sabtu, 06 Agustus 2016

Mari Rencanakan Liburan dengan #Lebihbaik


(satu2nya foto yang selamat karena keburu diunggah ke sosmed)

Bertahun-tahun bertahan dengan stigma mainstream 'penat bekerja jadi butuh liburan', sekembalinya dari Seminar & Exhibition Roadshow 'Wujudkan Liburan Terbaikmu' di Paris Van Java, di akhir bulan Juli kemarin ini, pandangan saya tentang LIBURAN jadi berubah total! Para pembicara yang asli ketje-ketje badai, yang memang ahli di bidangnya, berhasil membuka mata saya mengenai liburan dalam arti sesungguhnya. So, impatiently, I came home to share my new knowledge to my dearest husband. Eagerly telling him what a vacation should be like. Sebuah liburan yang benar-benar menyenangkan, yang menyegarkan kembali pikiran, tanpa perlu pusing biaya, apalagi direpotkan oleh bayar cicilan karena pengeluaran membengkak hingga terpaksa mengeluarkan credit card!

Minggu, 17 Juli 2016

Secuplik kisah di balik kertas yang buram

Kelas Inspirasi 2, Bandung, SDN Sukapura, Kiara Condong

Sebenar-benarnya itu, saya minder loh mau ikutan Give Away-nya mbak Uniek ini. Malu sama yang lain yang sudah jago-jago banget dalam urusan per-foto-an, malu sama yang kamera ponselnya sudah sekian pixel-an, malu sama semut merah, pokonya malu lah..... Da saya mah apa atuh, ngga jauh beda sama iklan yucup yang sering di-skip. Ihiks!Tapi daripada penasaran (dan mbak Uniek manggil-manggil lagi di efbi), jadi ya udahlah.. *(pura-pura) kepaksa tapi ngarep hape baru*

Minggu, 26 Juni 2016

Yuk, lebih bijak dalam memberikan julukan pada anak-anak!


Sad Boy 
“Each day of our lives, we make deposits
 in the memory banks of our children.” 
~ Charles R. Swindoll

Sebagai ibu dari dua anak, saya sering menghabiskan waktu siang saya di kantin sekolah. Tempat itu memang menjadi favorit para ibu, karena beberapa pekerjaan dapat dilakukan sekaligus di sana; mengobrol, menikmati camilan, dan tentu saja, menunggui anak-anak selesai sekolah. Bayangkan, 'ngobrol, 'nyamil, 'nungguin anak. What a perfect job, hihi!

Sabtu, 25 Juni 2016

Berbagi tips tentang Nutrisi ala Dancow Parenting

foto : danco.co.id

It was not an easy Sunday morning, alias bukan Minggu pagi yang tenang, karena pagi itu kami sekeluarga gedubrakan, sibuk bersiap diri menghadiri undangan Seminar Dancow Parenting. Kebiasaan santai di Minggu pagi, sih, hihihihi! Kesempatan pergi ke The Trans Luxury Hotel untuk menghadiri Seminar dengan tema “Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil  Berawal dari Perlindungan yang Tepat” ini diberikan oleh Kumpulan Emak Blogger kepada membernya yang sudah berkeluarga. Jadilah, pada tanggal 22 Mei kemarin itu kami berempat berangkat ke salah satu hotel termewah di Bandung untuk menimba ilmu bersama keluarga-keluarga lainnya.

Selasa, 26 April 2016

Kabar gembira untuk kita semua, ada Aplikasi My JNE loh sekarang!


Assalamualaikum,

Holaa! Masih berkutat di depan laptop kah, Emaks? Masih ngerjain laporan, ngejar deadline, nulis status, sambil sesekali nyeger-nyegerin mata, ber-eye shopping ke toko-toko online? Menyenangkan ya, belanjain mata ituh, hehehe! Secara kalo window shopping di toko beneran itu kan suka ‘dikintilin’ sama mbak-mbak, jadi risih, lha wong belum tentu beli. Nah kalo shopping di dunia maya itu bebaas! Mau lihat-lihat ke sekaligus empat atau lima toko atau dipelototin lama-lama juga ngga akan dijutekkin pramuniaganya. Yah, walaupun harus hati-hati karena ‘what you see is not always what you get’, alias barangnya belum tentu sesuai dengan pandangan, dan karena banyak toko online yang fiktif. Well, selalu ada plus minus nya atas setiap sesuatu, bukan?

Jumat, 15 April 2016

Simpan gadgetmu, nak, kita main Boboi Boy yuk!

Mimpi apa ya semalam, bisa punya anak tenar? Hmm….

Hihihi, ya begitulah, anak lanangku satu-satunya, Raynor Rakha yang umurnya 5 tahun itu, pada hari Kamis, tanggal 31 Maret tiba-tiba jadi sorotan media se-Bandung Raya. Ada apa, gitu? Ada acara “Kampanye Papan Permainan Indomilk Jagoan Boboi Boy”, di resto Bawean, jalan Gandapura, Bandung. Raynor kebetulan diajak sama akang repoter sebuah media untuk berpose dengan Board Game Indomilk Jagoan Boboi Boy yang disediakan di sana. Nah, jadilah ia selebritis dadakan of the day, ahahahah!

Selasa, 29 Maret 2016

You're beautiful on the Subway


You're beautiful. You're beautiful.
You're beautiful, it's true.
I saw your face in a crowded place,
And I don't know what to do,
'Cause I'll never be with you.

Tergila-gila aku, pada lagu itu. Terutama karena released-nya bertepatan dengan waktu pertama kali aku melihatnya…. 

Kamis, 21 Januari 2016

An Afternoon with High-Intermediate Students

HI-4 Students of Oct-Dec 2015 : Richardo, Aurel, Rizky, Rian, Lucy, Sekar,
 Zakia, Narita, Ayumi, Ardistia, Venesa, Naufal, and of course the teacher, 
Miss Astrid (in white and black, smiling proudly) 

It was a cloudy-almost-6 pm-afternoon when I knocked Ms. Astrid's classroom door, to let her know that I was there already. I would be interviewing her HI-4 students for the next 15 minutes, because they have reached the highest level in LIA. Yup, Higher Intermediate is the last step to go through if you take General English program. So, hari Senin tanggal 30 November kemarin adalah dua minggu terakhir mereka bersama, sebelum menempuh ujian kelulusan.