[] Bilik Menulisku: Mudra untuk berbagai keluhan Sakit Kepala

Senin, 17 Juli 2017

Mudra untuk berbagai keluhan Sakit Kepala

Mudra untuk berbagai keluhan Sakit Kepala, Mudra for Migrain and Headache ~ Sakit kepala rasanya sudah umum sekali saat ini. Tuntutan pekerjaan, gaya hidup, sampai berita yang berseliweran di berbagai portal dan media sosial membuat kepala sakit. Ditambah lagi dengan 'kemelekatan' pada alat-alat elektronik, seperti radio, televisi, komputer/laptop, juga berbagai jenis telepon seluler yang walaupun gelombang radiasinya kecil, tapi terus-menerus memapar.

Dikelilingi oleh sumber-sumber sakit itu, obat-obat sakit kepala bertaburan dan laku keras. Pereda nyeri parasetamol memang cukup ampuh untuk membuat kita dapat segera beraktivitas kembali. Selain mengandalkan obat medis, mau mencoba pengobatan diri sendiri kah? Yuk, bermudra! 


Mudra untuk Sakit Kepala

Sakit kepala memiliki penyebab yang beragam. Pada penderita sinusitis, sakit kepala bisa terjadi dalam waktu yang berulang, seiring kambuhnya peradangan rongga sinus di bagian hidung. Pemicu peradangan ini biasanya diakibatkan oleh alergi cuaca dingin, debu, dan sebagainya. (*baca juga artikel Mudra untuk Asma). Sakit kepala akibat sinusitis muncul di daerah alis mata. Karena sarafnya berhubungan, terkadang sakit gigi ikut muncul karena peradangan ini, selain juga biasanya diiringi oleh gejala batuk-pilek.

Penyebab sakit kepala lain yang umumnya terjadi saat ini adalah mata yang lelah. Terlalu banyak menatap televisi, layar monitor ponsel atau laptop akan memaksa otot-otot mata bekerja keras. Akibatnya adalah peradangan, yang membuat leher terasa pegal dan berlanjut ke kepala. Ketegangan saraf-saraf mata ini juga menghasilkan gagal fokus, penglihatan menjadi buram, dan iritasi. 

Sakit kepala juga dapat terjadi karena hal-hal lain seperti tekanan darah tinggi atau darah rendah, yang menyebabkan mata seperti bekunang-kunang dan tubuh limbung. Merasa tertekan atau stressed out karena berbagai masalah pun bisa menyumbangkan rasa kejang di leher, lalu naik ke kepala atas dan depan. 

Beberapa jenis sakit kepala yang lebih berat tentu saja membutuhkan perawatan lebih lanjut secara medis. Namun, jika sakit kepalanya tergolong ringan dan umum terjadi, Mahasirs Mudra akan cocok sebagai pertolongan pertama. Mahasirs Mudra dikenal juga dengan nama 'Mudra of Great Head', yang manfaatnya untuk meringankan sakit di kepala sekaligus menyeimbangkan energi di dalamnya. 

Caranya: Renggangkan tangan, dan lipat jari manis ke dalam telapak tangan. Lalu, satukan ujung-ujung jari tengah, jari telunjuk dan ibu jari agar saling memijit dengan lembut. Biarkan jari kelingking tetap lurus. Lakukan pose ini dengan kedua tangan dan letakkan masing-masnig di atas paha sambil duduk bersila (atau senyamannya). Normalnya, Mudra ini bekerja cepat meredakan sakit kepala, tapi tentu saja hasilnya berbeda-beda. Jadi, lakukan pose ini setidaknya selama 5 menit, atau selama yang diperlukan. 

Mudra untuk Migrain

Migrain sedikit berbeda dengan sakit kepala pada umumnya. Migran biasanya menyerang pada sebelah sisi kepala saja, walaupun bisa menyerang kedua sisi atau berpindah. Penderita Migrain merasakan kepalanya berdenyut-denyut akibat peradangan pembuluh darah di kepala, yang terkadang disertai dengan mual dan muntah. Sakit kepala yang cukup parah ini menyebabkan penderitanya sensitif terhadap suara dan cahaya.  

Akaash Mudra cocok untuk meredakan sakit kepala Migrain. Akaash berarti ruang (space) dan Mudra ini sering disebut dengan Enlighment Mudra (Mudra pencerahan), karena dapat menyatukan kesadaran dan meningkatkan harmonisasi dalam ruang atau rongga di kepala.


Akaash Mudra tampak belakang

Caranya: Renggangkan tangan, lalu satukan ujung ibu jari dan jari tengah agar saling memijit dengan lembut. Lakukan pose ini dengan kedua tangan dan letakkan masing-masing di atas paha sambil duduk bersila (atau senyamannya). Akaash Mudra dapat dilakukan selama yang diperlukan untuk meredakan rasa sakit.

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.

Tentang manfaat Mudra yang lain, bisa dilihat di sini:



atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

23 komentar:

  1. Yang akaash itu kok jadi telunjuk ku ga bisa gathuk sama jari tengah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eehh.... emang ndak gathuk, mbak. Kui foto modele cah wedhokku, dan mungkin fotonya salah sisi. sik tak benerin. suwun dah mampor yaa

      Hapus
  2. wahhh ternyata banyak juga ia penyebab dari sakit kepala itu ... heee
    Thanks mbak udah mau berbagi, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kepala aja sakitnya bisa beragam ya.. Salam kenal juga :)

      Hapus
  3. Teh ngadain kelasnya atuh lah. Pengen praktek langsung ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. belum saatnya, nenk Tian :)
      Lagian ini mah kan mudah. Hayuk dicobain, insyaaAllah efeknya sama kayak minum obat, tapi lebih natural :)

      Hapus
  4. Duh sy lagi sakit kepala nih teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.... Langsung cobain, teh Ida. Trasmiitworks ^^

      Hapus
  5. Teh baru tau aku Mudra makasi infonya teh lamgsung cobain jarinya aga susah mirip kek yg difoto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senyamannya aja, jangan dipaksa nanti pegel, hehe.. Sami2, thanks udah mampir :)

      Hapus
  6. Semua gambarnya mau disave diprint ditempel dikantor ah.. dikantorku sering banget pada sakit kepala dikejar deadline hihi, nuhun ya teh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha, niat pisaan :D sami2, thanks udah mampir ^^

      Hapus
  7. Sumpah baru tahu apa itu mudra. Ntar kasih tahu suamiku, ah, dia sering kena sakit kepala. TFS :)

    BalasHapus
  8. teteh orang bali? Namanya Bali banget ;) Dpt ilmu ini dr kampungnya ya teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Papahku orang Bali, Mamahku asli Klaten Jawa tengah. Ilmunya di-share dari kakak sepupu yg master reiki dan orang Bali juga :)

      Hapus
  9. Baru tahu Mudra, dan kayaknya mudah dipraktikin. Teh, usul pake video biar bisa diikutin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya nih harus belajar vlogging :)

      Hapus
  10. Aku sering sakit kepala, Teh.
    Bookmark postingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini lumayan efektif. Nuhun sudah mampir, semoga bermanfaat ^^

      Hapus
  11. wah baru tau tentang mudra. makasih infonya mba

    BalasHapus
  12. Langsung praktekin pas jam istirahat.

    BalasHapus