[] Bilik Menulisku: Mudra Untuk Insomnia dan Tidur Yang Lebih Baik

Kamis, 27 Juli 2017

Mudra Untuk Insomnia dan Tidur Yang Lebih Baik

Mudra Untuk Insomnia dan Tidur Yang Lebih Baik, Mudra for Insomnia and Better Sleep Dengan segala kesibukkan dunia masa kini, rasanya kita butuh tidur yang lebih baik, karena 'kurang istirahat' adalah alasan paling sering atas datangnya berbagai penyakit. 

Jika waktu istirahat sudah 'terbiasa' terganggu, maka polanya akan berubah. Jam tidur bukan lagi normal selama 7-8 jam, tapi jauh berkurang menjadi 4-5 jam. Bukan lagi wajar dari jam 9-10 malam, tapi jauh di atas tengah malam. Kalau terlelap pun, kadang tidak nyenyak, atau sering terbangun dan susah untuk kembali tidur. Sudah tidurnya susah, bangun pun tidak enak, dan seharian jadi merasa tidak nyaman. 
Kondisi kesulitan tidur dan mempertahankan tidur ini akan sangat mengganggu, baik secara mental maupun psikis. Seseorang akan mengalami kondisi hati yang berubah-ubah, mudah tertekan, sering khawatir, bahkan pada kasus-kasus yang parah, bisa mengarahkan pada halusinasi dan kelainan otak lainnya. 

Jika sering mengalami gangguan tidur seperti itu, bisa jadi menderita insomnia.

Apakah insomnia?

Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. ~ sumber: Alodkter.com

Yuk, berkenalan dengan Mudra* untuk pertolongan sederhana namun cukup efektif secara alami dari diri sendiri. Dari banyak pose Mudra, Shakti Mudra dianggap yang paling baik dalam mengatasi gangguan tidur atau insomnia.

*Klik di sini untuk mengenal lebih lanjut mengenai Mudra

Shakti Mudra.

Shakti dalam bahasa Sansekerta berarti 'Kekuatan'. Melakukan Shakti Mudra pada dasarnya akan meningkatkan kekuatan secara fisik sekaligus mental. Khususnya secara mental, Mudra ini efektif untuk meningkatkan inner strength atau kekuatan dalam diri. Shakti Mudra juga sangat menenangkan syaraf sehingga perasaan kembali nyaman dan stabil, membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas istirahat. Dengan istirahat yang cukup dan berkualitas, niscaya badan akan kembali bugar, pikiran juga semakin segar.


Caranya: Kedua tangan merenggang dan saling berhadapan. Tekuk ibu jari, lalu lipat jari telunjuk dan tengah untuk menahan ibu jari pada posisinya tersebut. Kemudian, satukan ujung-ujung jari manis dan kelingking, supaya kedua ujung jari saling memijit dengan lembut. Dengan begitu, kedua tangan ikut saling bersentuhan. Lakukan pose ini setidaknya selama 10-15 menit, dan terutama untuk penderita Insomnia yang parah, lakukan selama setidaknya tiga kali sehari.

Catatan penting: Shakti Mudra ditujukan untuk relaksasi, namun jika terlalu banyak dan lama, akan menyebabkan kelelahan. Sebaiknya lakukan dalam waktu secukupnya sampai pikiran dirasa tenang dan badan nyaman untuk dibawa istirahat. 

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Untuk Mengatasi Kelelahan

atau di sini
4. Kumpulan artikel Mudra
"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

22 komentar:

  1. jadi nambah pengetahuan nih mbk, oh iya gerakan seperti di atas aku praktekkan dan pada ujung jari telunjuk dan jari tengah seperti ada denyutan itu kenapa ya mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orang punya kadar sensitifnya masing2, mas. Mungkin mas Ahmad termasuk yg peka :) Kan ada syaraf2 yg kepijit, mas, dari situ, energinya menjalar ke bagian2 yg 'diperintahkan' sesuai posenya. Semoga dalam ketenangan pikiran dan napas yg teratur, energinya segera menyembuhkan, ya mas. Trims udah mampir :)

      Hapus
  2. Dulu srg ngalamin insomnia, jaman2 msh sekolah dan kuliah.. Tp sjk udh kerja, sbnrnya udh jarang, munhkin krn capek jg pulang dr kantor, jd cendrung lbh gampang tidurnya. Tp ini posisi2 mudranya aku bookmark semua mba, kali aja nanti dibutuhkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jaman kuliah mah pasti rajin begadang yaa, hihi.. Wah terima kasih sudah di bookmark, semoga manfaat yaa!

      Hapus
  3. Langsung aku praktekin daah cara Shakti Mudra ini. Secara aku gak bisa tidur tiap malam. Pasti deh, udah ngantuk tapi mata masih belum bisa terpejam. Terima kasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  4. wah jadi pengen coba, saya sering ngalamin juga yang namanya sulit tidur... thanks for sharing mba :)

    BalasHapus
  5. Woaaa kalo saya tipe pelor makanya paa begadang py baby berasa ga asik bgt hehe btw makasih tipnya^^ back to nature ya ga dikit2 obat hehe

    BalasHapus
  6. nanti kalo kek gitu jadi kek di film naruto dah, ninjutsu ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. iya ini aku juga dapet ilmunya dari hokage ke sekian :v

      Hapus
  7. teh aku nyobain kok sakit yah posisi jarinya begitu hehehe jd tegang ga rileks hahaha apa krn pertama?soalnya jari manisnya ga bisa lurus juga klo ga dideketin. kurang konsetrasi juga bisa bikin sakit kali y teh heehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pelan-pelan aja, kelenturan tiap orang kan beda :) Yang penting itu semampunya aja, ngga dipaksakan, ngga kaku. Makin nyaman makin dapet efeknya :)

      Hapus
  8. Coba ah, thanks for sharing teh. jadi nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  9. Dulu saya insomnia, tapi alhamdulillah skr jam 8 aja udah ngantuk. Teh atulah bikin kelas offline huhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kukumpul bahan dulu, hihi.... Nanti kalo bikin, ikut yah nenk Tian geulis!

      Hapus
  10. bisa ngilangin paralisis juga ga Teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paralisis itu kelumpuhan kan ya? Sepertinya karena semua syaraf di tubuh itu nyambung ke otak, sebaiknya pake Aakash Mudra. Nanti saya tanyain kakak saya yang lebih paham ttg Mudra ya, saya baru belajar sedikit dan udah keburu diminta beliau untuk berbagi :)

      Hapus
  11. Ilmu yang baru saya tau, teh...
    ((sebenarnya mirip-mirip yoga yaa?))
    Menggunakan teknik pengaturan napas kan yaa teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, dinamainnya 'Hand Yoga', dan iya napasnya yang teratur dan dalam :)

      Hapus