[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Meningkatkan Konsentrasi

Sabtu, 12 Agustus 2017

Mudra untuk Meningkatkan Konsentrasi

Mudra untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudra for Brain and Concentration  ~ Konon, otak manusia memiliki kapasitas yang sangat besar, sekitar 2,5 petabytes (1 peta = 1.000 tera, 1 tera = 1.000 giga). Namun, tentu saja tidak semua pengetahuan dapat disimpan dan dipanggil kembali dengan sempurna. Manusia cenderung mengingat hal-hal yang menarik minatnya saja. Untuk mengingat-ingat itulah dibutuhkan konsentrasi. Tapi, siapa yang bisa berkonsentrasi penuh dengan distraksi zaman digital ini? Jutaan informasi berseliweran, membuat otak kesulitan untuk menangkap dan menyimpannya dalam ruang memori.

Banyak metode yang diajarkan untuk meningkatkan konsentrasi, dari cara menghapal yang mudah, meminum suplemen otak, terapi gelombang otak, dan sebagainya. Yuk, tambahkan dengan satu cara lagi, ber-Mudra :)

Mudra sangatlah efektif dalam ikhtiar memperbaiki diri sendiri, atau self healing. Untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak, ada dua Mudra yang cukup membantu;

Hakini Mudra

Hakini mengandung arti 'Dominant', menyiratkan kekuatan. Mudra ini dikenal dengan Brain (otak) Mudra. Dinamakan demikian karena Hakini Mudra dapat meningkatkan kemampuan kognitif, yaitu mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir mengenai suatu informasi. Kognitif dalam psikologi dapat berarti dua, yaitu bisa diartikan sebagai aktivitas mental (persepsi, memori, atensi, dll) dan juga dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan psikologi - Wikipedia


Hakini Mudra dapat dilakukan kapan saja saat konsentrasi dibutuhkan, atau setiap kali memerlukan ide untuk mengembangkan kreatifitas.

Selain itu, Hakini Mudra juga turut menyelaraskan kedua belah otak, kiri dan kanan. Masing-masing otak memiliki peranannya masing-masing. Otak kanan untuk kemampuan berpikir logis dan menganalisa, sehingga lebih berfungsi dalam pengembangan Intelligence Quotient (IQ). Otak kiri memiliki kemampuan seni, berkomunikasi, dan bersosialisasi, oleh karena itu lebih berfungsi dalam pengembangan Emotional Quotient (EQ). Setiap manusia memiliki kecenderungan sendiri pada otaknya, namun jika kedua otak tersambung dengan lebih harmonis, tentu akan menghasilkan kemampuan yang luar biasa.      



Caranya: Renggangkan kedua tangan, dan hadapkan satu dengan lainnya di depan dada. Satukan ujung-ujung jari pada masing-masing tangan. Agar lebih efektif, bernapas dengan teknik Qi Gong, yaitu ujung lidah sedikit digulung ke atas, lalu tempelkan pada belakang gigi-gigi seri atas. Lepaskan lidah saat napas dihembuskan lewat mulut, dan tempelkan kembali saat menarik napas. 

Trimukha Mudra

Mirip dengan Hakini Mudra, Trimukha Mudra juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Namun selain efektif dalam masalah otak, Trimukha juga dapat meningkatkan kekhusyukan serta menstimulasi kemampuan self healing.



Caranya: Renggangkan kedua tangan, dan hadapkan satu dengan lainnya di depan dada. Satukan ujung-ujung jari kelingking, manis, dan tengah pada masing-masing tangan. Biarkan kedua jari lain tetap lurus, namun tidak kaku. Lakukan kapanpun membutuhkan konsentrasi dalam berbagai segi kehidupan dan kekhusyukan dalam beribadah. 

......
Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.
.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

1. Menurunkan Berat Badan
3. Untuk Mengatasi Kelelahan

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

11 komentar:

  1. Asiik, makasih tipsnya, Teh. Saat dikejar dead line, tetap fokus dan bisa berpikir kreatif sangat aku butuhkan. Muaaah...

    BalasHapus
  2. Langsung saya noted dan dihapalkan gerakan mudranya, makasih teh. Dan ga bosen - bosen saya ngajakin bikin kelas Mudra dong haha biar saya bisa konsen kalau liat langsung haha

    BalasHapus
  3. Bermanfaat banget, Mbak Ayuuu. Eh, aku sering loh posisi tangan hakini mudra. Refleks aja. Nggak tau kalo itu hakini mudra. Tapi tangan doang sih. Sekarang mesti dilengkapi dg teknik pernapasannya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha refleks aja gitu yaa.. Bagus tuh mbak, dapet manfaatnya :) Thanks udah mampir yaa

      Hapus
  4. This is what I've been looking for. Sesering apa dilakukan agar hasilnya efektif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesering mungkin, hihihi.... Sekali dua kali dulu teh, nanti kalo merasa nyaman, bisa diteruskan :)

      Hapus
  5. Asyik buat praktek di kelas ah, kalo murid-nya udah gak konsen. Makasih ilmunya ya teh ayu. 😅👍👍👍

    BalasHapus
  6. Super muantaf...!!! Abang mau ikutan nyoba akh.. Mksh utk ketulusan'a yg byk b'bagi ilmu2 b'manfaat.
    Salam sayang jg bwt Kekey yg sllu b'Hakini Mudra...

    BalasHapus