[] Bilik Menulisku: Hubungan Berat Badan dan Pekerjaan? Makanan Sehat dan Seimbang Kuncinya!

Selasa, 05 September 2017

Hubungan Berat Badan dan Pekerjaan? Makanan Sehat dan Seimbang Kuncinya!

Dalam dunia kerja, orang-orang dengan berat badan berlebih itu dianggap....
  • Kurang produktif
  • Lebih sering terluka
  • Butuh lebih banyak cuti 
  • Daya tahan lebih rendah
Eits, jangan keburu kesal membacanya, yaa. Karena data tersebut didapat dari sebuah studi di Virginia Technology University of Buffalo.
A 2014 Virginia Tech/ University of Buffalo study found that obese people were less productive, more likely to get injured, and needed longer breaks than their normal weight counterparts; notably, their endurance times were 40% shorter. *sumber dari dailymail

Memang, memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap orang. Wanita yang tinggi langsing, dan pria yang tegap berotot akan terlihat sangat menarik dalam balutan rok span, kemeja dan blazer, maupun celana panjang, jas serta dasi. Namun kenyataannya, hanya sekian persen orang saja yang memiliki tubuh ideal. Butuh usaha luar biasa untuk itu, yang membuat banyak orang merasa lebih baik menyerah. Menyerah pada keadaan badan yang seadanya, pada makanan lezat yang banyak ragamnya. 

Ya, kita cenderung mengibarkan bendera putih pada makanan tinggi kalori, rendah gizi, miskin vitamin, dan kaya bahan artifisial, bukan? Selain itu, kita kerap mengindahkan asupan gizi seimbang: karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, sehingga lingkar pinggang melebar. Apalagi, ditunjang oleh life style masa kini yang inginnya serba instan, waktu habis buat bekerja, dan istirahat pun tersita. 
Atas nama kesibukan, kita jadi abai pada kebutuhan tubuh sendiri. Padahal, siapa kita dapat terlihat dari apa yang kita makan....
Pekerjaan kita bisa jadi terancam karena makanan seperti ini!

Lalu, akankah kita menjadi salah satu dari pegawai yang hanya akan menimbulkan kerugian bagi kantor tempat kita bekerja? Lebih jauh lagi, akankah kita membiarkan lingkar pinggang membesar, dengan organ-organ vital seperti jantung tertutup lemak hingga memberatkan denyutannya dan membahayakan kesehatan? 


TIDAK! Dengan tiga cara berikut ini:

1. Menyayangi diri sendiri dengan mengkonsumsi hanya MAKANAN SEHAT.

Makanan yang kita konsumsi itu harus memiliki unsur-unsur penting ini, karena semua saling melengkapi dengan kelebihan masing-masing:

  • Karbohidrat diperlukan karena diubah oleh tubuh menjadi glukosa, yang menjadikannya sumber energi utama. Kekurangan glukosa akan membuat otot-otot lemah, sehingga tubuh mudah lelah dan otak kehilangan konsentrasi. Pilih jenis karbohidrat yang lebih menyehatkan dan berserat, seperti gandum, beras merah, atau ubi.
  • Protein bagi tubuh berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme. Tanpa protein, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk bertumbuh dan melindungi diri dari berbagai serangan penyakit. Sumber protein didapat dari hewan (protein hewani, seperti telur, ayam, sapi, ikan) dan tumbuhan (protein nabati, seperti kacang-kacangan, termasuk tahu dan tempe).
  • Vitamin dan mineral disebut juga Mikronutrien, yaitu zat gizi penting bagi tubuh untuk membentuk hormon, aktivitas enzim, serta mengatur sistem imun dan reproduksi. Vitamin yang dibutuhkan tubuh terdiri dari vitamin yang larut dalam air (mengalir dalam darah, namun tidak disimpan tubuh), yaitu vitamin B (seperti sayuran hijau, telur, gandum) dan vitamin C (banyak terdapat dalam buah-buahan). Satu lagi, vitamin yang larut dalam darah adalah vitamin A (misalnya wortel), vitamin D (dalam susu), E (dalam alpukat, kacang almond), dan K (seperti brokoli, kubis, asparagus). Sedangkan mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, zinc dan lainnya juga terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. 

Namun, kelengkapan tersebut harus disesuaikan juga dengan jumlah kalori yang diperlukan tubuh. Kalori adalah satuan energi, dan yang paling tinggi kalorinya adalah makanan yang mengandung lemak, disusul oleh makanan berkabohidrat, lalu yang berprotein. 
Seorang wanita dewasa rata-rata memerlukan sekitar 2000-2250 kalori, dan pria dewasa sekitar 2500-2750 kalori perharinya. 
Jadi, pastikan makanan yang kita konsumsi itu mencukupi kebutuhan gizi dan tidak melebihi jumlah kalori yang diperlukan tubuh, ya! Seperti yang berikut ini: 


Contoh Menu Sehat oleh Gorry Gourmet

Lalu ditambah dengan makanan ringan dengan kalori rendah namun tetap bergizi tinggi seperti ini di sela-sela jadwal:


Contoh Snack Sehat, gambar dari sini

Catatan: Makanan sehat dengan gizi seimbang seperti di atas dapat dipesan melalui jasa Catering Online di bilangan Jakarta. 


2. Pilih DIET SEHAT yang sesuai kondisi tubuh



Seperti yang kita ketahui, program diet bertebaran di mana-mana, seperti diet mayo, diet keto, diet golongan darah, dan sebagainya. Setiap program diet memiliki keunggulan masing-masing, dengan ketentuan makanan dietnya sendiri. Jadi bagaimana?

Pahami tubuh sendiri, karena sifatnya pribadi, hanya kita saja yang tahu. Perhatikan setiap reaksi dengan detil, jika diberi asupan ini atau itu. Bermodal pengetahuan tersebut, pilih satu program diet yang paling cocok. Jangan asal berdiet karena alasan diajak teman, atau karena banyak testimoni yang sukses. Ingat, tubuh kita dan mereka tidak sama. Tubuh setiap orang bereaksi berbeda terhadap asupannya. Setelah itu,
Cari tahu tentang catering diet yang dapat memenuhi kebutuhan diet sehat kita. Memakai jasa catering sehat turut menunjang keberhasilan program diet kita.

Menurut ahli gizi Michelle Davenport, Ph.D, seorang wanita bisa saja mengurangi asupan kalorinya hingga sekitar 1200-1400 kalori per hari (*sumber dari sini) Jadi, wajar saja bila dalam satu hari, kita mengurangi 500 kalori untuk kebutuhan diet, yang dapat menurunkan berat badan sebanyak 0.5-1 kg dalam seminggu. Dengan catatan, tetap memperhatikan keseimbangan gizi dengan menu diet sehat rendah kalori seperti ini:



Contoh Makanan Diet Sehat oleh Gorry Gourmet

Catatan: Di bilangan Jakarta, ada jasa Catering Diet yang menyediakan berbagai menu diet. Pemesanan makanan diet tersebut dapat dilakukan secara online dan delivery, sehingga sangat memudahkan pelanggan.


3. BerMUDRA


Sst, teknik ini masih baru dan jarang terdengar, walaupun sudah lama digunakan oleh orang-orang di India sana. 

Mudra adalah sikap-sikap tubuh yang mengarahkan pergerakan energi, dan memberikan efek sinyal-sinyal tertentu pada otak.*sumber dari bilikayuwinayasari
Mudra berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya segel, atau gerak-isyarat (dalam bahasa Inggris; seal, mark, or gesture) yang biasanya dilakukan dengan tangan (hasta). Mengaplikasikan Mudra akan berarti mengunci pergerakan energi sesuai dengan posisi-posisi jemarinya. Gerak-isyarat tersebut juga memberikannya sinyal-sinyal rangsangan khusus pada otak. Menstimulasinya untuk bereaksi, merespon terhadap bagian-bagian tubuh tertentu, dengan tujuan untuk menyeimbangkan keadaan.

Ada dua Mudra yang cukup efektif membantu kita mendapatkan berat badan ideal, yaitu:


~ Surya Mudra


Dinamakan Surya (Matahari) Mudra, karena fungsinya adalah menghasilkan panas tubuh. Melakukan Surya Mudra dapat memberikan efek hangat, sehingga cocok bagi yang tinggal di daerah dingin. Karena efek tersebut, ber-Surya Mudra juga turut membakar lemak berlebih yang ada dalam tubuh. Mengaplikasikan Mudra ini selama setidaknya 5-15 menit, sehari empat kali akan menghasilkan keringat layaknya berolahraga, sehingga sangat membantu menurunkan berat badan. 




Catatan: Karena berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan membakar lemak, maka Surya Mudra TIDAK untuk dilakukan pada saat demam, atau oleh orang yang kekurangan berat badan (underweight).



~ Triitya Vayu Mudra

Triitiya Vayu Mudra berfungsi secara psikologis untuk mengontrol keinginan yang berlebih. Bagi yang sedang melaksanakan program diet sehat, Mudra ini akan sangat membantu mendisiplinkan diri dalam program menurunkan berat badan. Lakukan Triitiya Mudra selama 5-45 menit selama dua kali sehari, untuk mengendalikan pikiran agar tidak mudah tergiur 'cheating' saat diet.




Catatan: Lakukan Mudra dengan kedua tangan, dalam posisi duduk bersila dan punggung tegak untuk hasil yang terbaik. Pada dasarnya, Mudra adalah sebuah bentuk self healing atau pengobatan alami diri sendiri tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam program dietnya dengan berkonsultasi pada ahli-ahli gizi. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan Weight Management/Program Penurunan Berat Badan yang sedang dilakukan. 

.........

Menilai seseorang dari berat badan atau penampilan memang tidak adil, tapi menjaga tubuh demi berat badan proporsional dan penampilan yang lebih baik adalah kewajiban. Jadi, sebagai seorang pegawai yang berdedikasi terhadap pekerjaan, yang tetap ingin meniti karir hingga jenjang teratas, yuk mulai perhatikan penampilan dengan tiga tips di atas. 

Semoga bermanfaat, dan kita senantiasa berada dalam keadaan sehat dan semangat!

Salam,
post signature

24 komentar:

  1. Aku termasuk karyawan yang agak obesitas sih mbak. BB sekitar 70kg an dengan tinggi yang cuma 163 cm. Di kantor juga sering banget atasan negur saya. Dikiranya saya gendut karena makan bakso tiap hari. Padahal sih nggak mbak, tapi emang saya hobbynya ngemil :(

    Emang iya sih mbak, jaga berat badan biar proporsional itu penting banget.
    eh btw,saya baru tau lho tentang mudra itu. thanks for sharing ya mbak..salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihii emang banyak yang punya hobi ngemil ^^
      Praktekin Mudranya yaa..

      Hapus
  2. Wah asik cara gampang kurus. Mau banget mba

    BalasHapus
  3. Saya ini sulit banget mengonsumsi makanan sehat, maunya makan gorengan, mie, daging dan lainnya. Dulu pernah nyobain makanan yang direbus, lama-lama kok malah jadi enek sendiri, hehehe... Nice sharing mba. BTW saya juga ikutan loh, mampirlah ke blog Ndeso saya sejenak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bosenin ya makanan rebus, hahaha.. Boleh mas, sampe ketemu sambil BW yaa^^

      Hapus
  4. Sebetulnya sih kunci utama tubuh sehat ya menjaga pola makan kita ya mbak. Diimbangi dengan olahraga. Makan juga ga boleh kemaruk heheh tapi apa daya aku doyan makan dan suka nambah, gimana tuh ya? hihihi

    BalasHapus
  5. Menyanyangi diri sendiri dengan mengkomsumsi makanan sehat, Ah sering lupa, makanan mie instan menjadi kegemaranku. Praktis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa.... masih muda emang begitu, nanti juga mikir2 lagi :)

      Hapus
  6. Wah, memang banyak ya yang butuh manajemen makanan. Bukan dalam rangka mengurangi berat saja, tapi juga gizi apa yang paling diperlukan dan perlu dikurangi. Semua kembali lagi ke gaya hidup ya, Mbak. :)

    BalasHapus
  7. Wah kalau saya malah kebalikannya mba. Bb saya rendah sekali alias kurus. Mungkin kecapean juga kali ya dan menyusui jadi susah naikin BB nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti tinggal makan yg banyak aja mbak, hihihi

      Hapus
  8. wah tipsnya pas banget...cocok banget buatku yang kempesin perut

    BalasHapus
  9. mhahahaha adooooh ulu nih berat badan selama 2 tahun belakangan melesat pesaaatttt susah banget nuruninnya OMGGGGGGG!

    BalasHapus
  10. Saya perlu manajemen makanan nich Kayaknya Mbak Ayu..rasanya mulai ga beres Badan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa....sama sih sebenernya. Ayo bareng memenej makanan!

      Hapus
  11. Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya. Kangamir dot kom

    BalasHapus