[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Kepercayaan Diri

Minggu, 03 September 2017

Mudra untuk Kepercayaan Diri

Mudra untuk Kepercayaan Diri, Mudra for Self Confidence ~ Tahukah, bahwa media sosial itu juga membawa dampak buruk bagi kesehatan mental? Betapa platform yang menyediakan ruang untuk mengunggah-unggah tersebut begitu memengaruhi hidup?

Yang terlihat dalam pandangan mata adalah berbagai pose selfie dan wefie yang ceria, namun dibalik itu adalah perasaan terintimidasi yang kuat, karena setelahnya akan tiba saatnya membandingkan. Postingan berseliweran di news feed, memajang foto orang-orang dengan bentuk tubuh dan wajah beragam, sendiri atau bersama yang tercinta, memakai outfit atau asesoris beraneka rupa, di bermacam tempat indah pula. Sungguh menggoda hati untuk mengeluhkan keadaan diri yang tidak 'sesempurna' mereka yang di sana.

Mengapa membiarkan kecemasan melanda? Mengapa jadi merasa kesepian karenanya? Mengapa kemudian membandingkan, membuat jadi rendah diri? Mengapa membiarkan perasaan memburuk karenanya?

Yuk, Ber-Mudra untuk menghilangkan semua kenegatifan itu dan kembali percaya diri! 

Baca juga artikel: Berkenalan dengan Mudra 

Ada banyak pose Mudra yang memberikan efek positif secara psikologis, namun dua Mudra berikut ini rasanya pas untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menguatkan hati untuk berbagai rintangan. 

1. Vajrapradama Mudra 

Dalam bahasa Sansekerta, 'Vajra' berarti 'Petir', sesuatu yang penuh kekuatan, bercahaya, tidak dapat dihancurkan. Sedangkan 'Pradama' berarti 'Kepercayaan', sehingga Vajrapradama bisa dimaknakan sebagai 'Kepercayaan Diri yang tidak tergoyahkan'. 

Melakukan Vajrapradama Mudra memberikan perasaan nyaman terhadap diri sendiri, karena merasa yakin atas kekuatan besar yang terbentang di dalam. Mudra ini membantu menghilangkan keraguan, ketakutan, ketidakpercayaan yang mencemaskan. Berbagai bentuk kenegatifan yang menggelayuti pikiran, menguras energi dan menghambat perkembangan akan serta merta hilang. 

Kapanpun merasa 'kehilangan diri sendiri', lakukan Vajrapradama Mudra agar pikiran kembali tenang, dan hati merasa damai dalam keyakinan bahwa ada kekuatan besar yang akan selalu hadir untuk membantu.   
  
Posisi tangan yang siap ditangkupkan di depan dada

Caranya: Vajrapradama Mudra bisa dilakukan dengan 2 pose. Yang pertama adalah dengan menaruh tangan di depan dada dengan posisi saling bertumpuk (tangan kiri di bawah tangan kanan).
Vajrapradama Mudra bisa juga dengan jemari terkait

Yang kedua adalah membiarkan jemari kedua tangan saling mengait di depan dada. Pilih salah satu dan lakukan kapanpun diperlukan, dan dalam waktu yang juga relatif sesuai kebutuhan, hingga perasaan merasa cukup baik untuk kembali beraktivitas. 

2. Ahamkara Mudra 

Ahamkara adalah istilah bahasa Sansekerta untuk menggambarkan ego, kesadaran diri, keyakinan diri. Ahamkara Mudra disebut juga The Power Mudra, atau The I-Maker, atau Manipura. Manipura sendiri merupakan cakra ke tiga pada manusia, yang berada di pertengahan tubuh, sekitaran atas pusar sampai ke ulu hati. Cakra ini berkaitan dengan elemen api, yang berhubungan dengan sumber kekuatan diri. 

Melakukan Ahamkara Mudra sangat diperlukan dalam titik-titik terendah dalam hidup. Mudra ini membangkitkan ego, mengeluarkan sifat-sifat heroik, mem-boost kepercayaan diri. Kapan saja keraguan menyerang, lalu merasa perlu tambahan kekuatan untuk kembali bangkit dan mendapat pengakuan, aplikasikan Ahamkara Mudra selama beberapa menit sampai senyamannya -makin lama makin baik. Dengannya, niscaya semua ketakutan dan ketidakmampuan akan terdobrak runtuh, terganti dengan kesadaran penuh atas potensi-potensi yang ada dalam diri.   

Caranya: Renggangkan kedua tangan, dan buat sebuah lingkaran dengan menempelkan masing-masing ibu jari pada sisi luar jari telunjuk. Lakukan Ahamkara Mudra dengan dua tangan sambil duduk bersila dengan punggung tegak, dan tangan berada pada masing-masing paha. Pejamkan mata dan berkonsentrasi pada tarikan dan hembusan napas, juga pada daerah sekitaran atas pusar sampai ulu hati. Dengan demikian, energi akan terpusat pada area tersebut untuk membangkitkan kekuatan diri. 

.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

16 komentar:

  1. Wah terima kasih postingannya, akan aku lakukan sambil meditasi harian.

    Btw betul banget tentang sosmed, secara tidak disadari kita jadi membanding2kan hidup kita dengan orang lain :( guilt as charge .. aku pun sedang belajar mengurangi waktu browsing-browsing di sosmed

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, nyaman banget berMudra sambil Meditasi.
      Good luck on your positive browsings ya ^^

      Hapus
  2. wah banyak banget nih keajaiban tangan lewat mudra, keren. Ih kapan atuh ngadain kelas offline?

    BalasHapus
  3. wah teh Ayu makasih infonyaa,, mau aku coba ah soalnya aku orangnya sangadh pemalu hahahhaha :))

    BalasHapus
  4. Self healing, dan aku baru mau ikutan nyoba. Pertama kali kenal MUDRA ini gara-gara baca postingannya miss Ayu nih. Makasih ya sharing-nya. Love :*

    BalasHapus
  5. apakah ini sama dengan gerakan yoga mbak? jujur, saya baru tahu loh soal mudra ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip, mas, tapi Yoga lebih ke gerakan tubuh, sedangkan Mudra lebih ke tangan (dikenal juga dengan nama Hasta Yoga, hasta=tangan)

      Hapus
  6. Aku baru tahu nih, Teh, kalau dilihat sih sepertinya mudah, praktekan langsung..he

    BalasHapus
  7. trimakasih postingannya mbk. sangat bermanfaat. jujur aku baru tw ttg mudra ini. izin noted y mbk :))

    BalasHapus
  8. Waaah, bahkan ada mudra meditasi buat kepercayaan diri 😍

    BalasHapus