[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Membantu Masalah Tulang dan Osteoporosis

Rabu, 06 September 2017

Mudra untuk Membantu Masalah Tulang dan Osteoporosis

Mudra untuk Membantu Masalah Tulang dan Osteoporosis, Mudra for Bones and Ostheoporosis ~ Secara bahasa, Osteoporosis berarti lubang di dalam tulang. Yaitu penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang. (*sumber dari sini) Karena Osteoporosis, menurut American Academy of Orthopedic Surgeons, ada sekitar 2 juta orang mengalami patah tulang setiap tahunnya.

Penyakit ini biasanya baru disadari setelah penderitanya mengalami insiden yang membuat retak atau patah tulang, karena kepadatan tulangnya rendah atau keropos. Namun demikian, Osteoporosis dapat dilihat dari gejalanya, seperti  sering sakit punggung, punggung yang membungkuk, bahkan sampai tinggi badan berkurang. Sayangnya, penyakit keropos tulang ini bisa 4 sampai 5 kali lebih banyak dialami oleh wanita.


Apa yang menyebabkan Osteoporosis?

1.  Faktor genetik, karena kemungkinan menurunnya penyakit ini sampai dengan 80%
2.  Kurangnya kandungan kalsium dan vitamin D lain
3.  Gaya hidup: kurang olah raga, merokok, makanan instan, minum soda, kopi, alkohol
4.  Haid pertama yang terlambat dan masalah kelainan hormon lain pada wanita, juga masa menopause yang menyebabkan berkurangnya hormon estrogen.
5. Pemakaian obat yang kontinu karena suatu penyakit
6. Ras-ras tertentu, yaitu Kaukasus dan Asia, yang membawa kecendrungan Osteoporosis

Ada banyak cara untuk mencegah Osteoporosis dan membantu memadatkan tulang. Misalnya rajin berolah raga sehingga massa tulang bertambah, asupan produk susu yang cukup seperti susu dan keju, bergaya hidup sehat, juga mengkonsumsi obat herbal yang banyak beredar di pasaran. Yuk, tambahkan ikhtiarnya dengan berMudra!


Prithvi Mudra

Prithvi Mudra adalah salah Mudra untuk penyembuhan yang sangat bermanfaat. Prithvi berarti 'Bumi' dalam bahasa Sansekerta, dan Bumi adalah salah satu sumber dari empat sumber lain kehidupan, yaitu Air, Udara, Api, dan Ruang. 

Elemen Bumi dalam tubuh manusia mencakup banyak hal seperti tulang, jaringan-jaringan otot, organ-organ vital, rambut, kuku, dan daging. Ketidakseimbangan pada elemen-elemen tubuh tersebut dapat dikembalikan dengan Prithvi Mudra. Mengaplikasikan Mudra ini membantu menguatkan tulang dan mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan tulang dan persendian.



Caranya: Hanya dengan menyatukan ujung jari yang mengatur elemen bumi di tubuh, yaitu jari manis, dengan ujung ibu jari. Biarkan jari-jari lain tetap terbuka namun tidak kaku. Lakukan Prithvi Mudra dengan kedua tangan sambil duduk bersila dengan masing-masing tangan berada di atas paha. 

Catatan: Bagi yang merasa kurang bergerak sehingga tulang tidak padat, baiknya mengaplikasikan ini selama 5 sampai 15 menit, 3 kali dalam sehari. Sedangkan bagi yang merasa cukup banyak berolah raga, cukup selama 5 menit. Untuk yang mengalami retak, patah, atau disposisi tulang, bisa dilakukan dalam waktu lebih lama, misalnya 45 menit sekaligus dalam satu waktu, atau dalam 3 kali sehari, sampai senyamannya.  

.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.

Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:



3. Untuk Kesehatan Jantung

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

21 komentar:

  1. Waduh, sy kurang olahraga nih, harus d coba nih mudra nya ��

    BalasHapus
  2. Baru tau saya tentang mudra. Mirip yoga nggak sih mba?

    BalasHapus
  3. Gaya hidup, kurang olah raga dan terlalu banyak minum kopi. Ini mirip gerakan yoga ya ?

    BalasHapus
  4. Pas banget aku lagi cari info tentang osteo

    BalasHapus
  5. wah makasih infonya ya mbak, baru tau tekhnik Mudra ini, aku ada masalah tulang belakang, sering banget merentek rasanya, kayanya harus dicoba nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mangga ^^ Sami2, trims sudah mampir yaa

      Hapus
  6. Baru tau looh osteoporosis bsa dr keturunan. Ilmunya bermanfaat bgtm

    BalasHapus
  7. Waaah aku langsung meluncur untuk pengobatan Migren, aku suka Migren. Dan baru denger juga mudra untuk penyembuhan

    BalasHapus
  8. Saya coba ya Teh^^ kebetulan sakit tangan mulu nih udah lahiran

    BalasHapus
  9. Siaap. Laksanakan, teh..

    *mulai belajar sedikit demi sedikit.. Haturnuhun teh Putu.

    BalasHapus
  10. Cocok nih buat aku yang kurang bergerak, makasih yaa teh Puti

    BalasHapus
  11. Aku baru empat puluh lebih dikit, sudah kerasa lututnya nih...Mudra untuk tulang ini berarti jadi solusi...Suksma Mbok Putu:)

    BalasHapus
  12. Idealnya dalam 1 hari berapa lama waktu untuk melakukan mudra? Berapa gerakan dalam satu waktu atau satu hari biar hasilnya efektif?

    BalasHapus