[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Sakit Punggung

Jumat, 08 September 2017

Mudra untuk Sakit Punggung

Mudra untuk Sakit Punggung, Mudra for Back Pain~ Sekarang adalah zaman di mana orang  lebih banyak bekerja dari balik meja. Bekerja sambil duduk diam selama bermenit-menit, bahkan beberapa jam, memandangi laptop. Tidak hanya melakukan pekerjaan, orang juga duduk diam beberapa lama untuk bermain-main dengan gawainya. Berdaring, entah untuk sebuah tugas, berbisnis, maupun sekadar memeriksa media sosial.

Duduk diam itu lama kelamaan akan menjadi masalah. Apalagi jika tidak dilakukan dengan benar -di sofa yang empuk dengan sandaran bantal, atau di kursi kerja dengan punggung membungkuk. Akibatnya adalah rasa sakit di seputaran tulang belakang, dari tulang leher sampai tulang ekor. 

Frozen Shoulder atau tegang pada leher dan bahu adalah salah satu dari banyak jenis nyeri punggung yang ringan. Kekakuan ini mudah saja disembuhkan, seperti memijat, terapi panas (misalnya dikompres atau disinari UV), dan minum obat pereda nyeri. Namun masih banyak lagi jenis nyeri punggung yang bisa sangat menyakitkan, seperti arthritis atau peradangan lain.

Untuk senantiasa menjaga kenyamanan punggung dan tulang belakang, yuk berMudra!

Baca juga artikel tentang Berkenalan dengan Mudra.

Mudra for Back Pain atau untuk sakit punggung dilakukan dalam dua pose jari yang berbeda, antara tangan kiri dan kanan. 


Caranya: Untuk tangan kiri, tekuk jari telunjuk dan tahan dengan ibu jari tepat di bagian kukunya. Biarkan jemari lain tetap lurus namun tidak kaku. Untuk tangan kanan, satukan ujung-ujung ibu jari, jari manis, dan kelingking, dan biarkan jemari lain tetap lurus tidak kaku. Untuk menjaga kenyamanan punggung, lakukan setidaknya 5 menit sampai senyamannya. Untuk memulihkan kesehatan, dapat dilakukan dalam waktu yang lebih lama sampai senyamannya, dalam 3-4 kali sehari.

Posisi terbaik untuk melakukan Mudra adalah dengan duduk bersila dengan tangan masing-masing berada di atas paha. Untuk Back Pain Mudra, lebih baik lagi jika dilakukan dengan tidur telentang di lantai menggunakan karpet (supaya punggung tidak kedinginan dan masuk angin), dengan kedua kaki lurus, atau ditekuk dan disandarkan pada sebuah kursi. 



Seperti yang biasanya, mengaplikasikan Mudra bisa segera dirasakan khasiatnya, namun dalam beberapa kasus, seperti untuk menyembuhkan sakit punggung, terkadang diperlukan waktu yang lebih lama. Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan. 

Tentang manfaat Mudra yang lain:


3Untuk Osteoporosis

Atau di sini:

4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing" 
post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

32 komentar:

  1. Aduh mba...aku banget ini suka sakit punggung. Makasih yaa tips tipsnya. Ntar coba dipraktekkan 😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, banyak yg bilang suka back pain :( semoga manfaat yaa ^^

      Hapus
  2. Artikelnya bermanfaat banget, saya langsung meluncur ke mudra untuk menurunkan berat badan, soalnya kepengen banget langsing :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. HIhihihi iya manggga, trims sudah mampir ^^

      Hapus
  3. Cucok pisan ini buat ibu aku yang sering sakit punggung. Again, thanks for sharing ya, teh :D

    BalasHapus
  4. Bermanfaat banget infonya buat yang beraktivitas seperti saya, bisa relaksasi secara sederhana. Dan terima kasih telah berkunjung di halamn blog saya.

    BalasHapus
  5. aku seharian duduk ngadepin laptop mbak, seringnya kaki yang kram. Eh, ini hampir sama kayak jururnya Naruto ya...^^

    BalasHapus
  6. akhir-akhir ini sering backpain nih mba...simpel banget mudra ya,ternyata caranya mudah tapi bisa mengurangi nyeri, tfs mba

    BalasHapus
  7. Makasih mbak ayu...tips nya...aku sering ngerasa tegang kalo kerja lama... Oh iya, salam kenal ya mbak...

    BalasHapus
  8. Makasih informasinya mba... seru banget latihannya... semoga bisa ikutan

    BalasHapus
  9. Makasih ya mba tipsnya.. saya baru mendengar istilah Mudra. Bisa aku praktekin nie.. *tantinium

    BalasHapus
  10. Ini bisa banget dipraktikkan di kantor. Punggung sering pegal karena kelamaan duduk. Thanks for sharing, mbak.

    BalasHapus
  11. Aku juga sering neh sakit punggung mba, apalagi kebanyakan nulis.

    BalasHapus
  12. Waduh pas banget calon suamiku juga jadi sering sakit pinggang kebanyakan duduk dan kurang minum, bisa aku unjukin tentang Mudra ini nih :D makasih tipsnya mbak, simple dan kayaknya nyaman banget dipraktekin dirumah

    BalasHapus
  13. Waah, terima kasih yaa tipsnya. Belakangan lagi sakit punggung gara-gara keseringan duduk, huhu

    BalasHapus
  14. Wah, jadi pengen nyoba nih. Baca-baca dulu semua tentang mudra di sini ah. Saya sering migren.

    BalasHapus
  15. Noted. Pengen segera dipraktekkan deh. Tengkyu mbak

    BalasHapus