[] Bilik Menulisku: Tentang Wanita; KDRT, Perselingkuhan, Poligami

Senin, 21 September 2015

Tentang Wanita; KDRT, Perselingkuhan, Poligami

Embedded image permalink
Woman Talk yang segar dan mencerahkan
ala Irma Rahayu dan Aisha Maharani

Assalamualaikum…

Sudah beberapa saat ini, alhamdulillah saya punya keinginan untuk lebih mengenal agama, lebih dekat dengan Allah, lebih paham tentang Al-Qura’an. Alhamdulillah lagi, gayung bersambut, Allah banyak membukakan jalan menuju kesana, dari berbagai arah yang tidak diduga. Jadi bener, ya, maqbul sekali permintaan, “…rizki yang berkah, ilmu yang bermanfaat, dari arah yang tidak disangka-sangka.” itu. Asalkan niatnya baik, insyaAllah segera dikabulkan ^^

Nah, Sabtu tanggal 19 September kemarin ini, saya berkesempatan hadir di acara ‘Woman Talk Show’ oleh teh Irma Rahayu dan teh Aisha Maharani. Roadshow event ini mengupas tuntas seputaran ‘Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan’, dari sisi fiqih, emosi, dan cara mengendalikannya, juga dari segi hukum Negara. Sebagai perempuan, yang juga seorang ibu dan istri, kok ya rasanya saya kepengin sekali berpartisipasi, hehe…  

Jadilah pagi itu saya meluncur ke Hotel Narapati Indah, yang terletak di jalan Pelajar Pejuang, Bandung. Saya juga tersenyum riang mendapati banyak sekali perempuan yang datang, baik yang sudah menikah, maupun yang belum. Kami datang dari berbagai latar belakang, tapi satu tujuan, untuk belajar lebih mengenai pembekalan yang sepantasnya kami miliki sebagai makhluk yang dimuliakan Allah.

“Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah” ~ Baginda Nabi Muhammad SAW.

Nah, kan, kita itu mulia loh, bagai perhiasan yang cantik dan indah ^^ *senyum dan nari kegirangan*

Obrolan wanita kami pun berjalan mulus dan menyenangkan. Mungkin karena paduan yang ‘unik’ antara duo dynamic di depan sana, yang mampu membawa canda dan tawa dalam sharing ini. Meskipun demikian riuhnya, ternyata teh Irma dan teh Aisha sama-sama berangkat dari ujian rumah tangga yang berat, loh. Keduanya sama-sama mengalami masa pernikahan yang kurang menyenangkan, sebagai bagian dari perjalanan hidupnya. Namun, hebatnya, mereka berdua menjadikan kepahitan itu sebagai pemicu untuk lebih maju. Hasilnya? Teh Irma sudah menelurkan empat buah buku, dan teh Aisha sudah sampai ke negri sebrang dalam dakwahnya. SubhanAllah!


Image result for irmarahayu soul healer
Teh Irma dengan salah satu bukunya

Teh Irma Rahayu sendiri adalah seorang Soul Healer, yang dalam bahasanya berarti ‘Penyembuh Jiwa’. 4 buku terbitan Grasindo beliau sudah laris-manis terjual dan menginspirasi banyak orang diluar sana, yaitu Emotional Healing Therapy, Love Therapy, Money Therapy, dan Soul Healing Therapy. Single fighter ini juga merupakan pendiri dari Emotional Healing Indonesia, yaitu tempat untuk :

1.       Life Coaching  
Adalah program 5 bulan yang memfasilitasi klien untuk menelusuri tujuan hidup mereka dan mengatasi masalah yang belum terselesaikan dalam hidup.

2.       Family Coaching
Coaching ini menawarkan satu bulan program eksklusif yang didesain untuk membantu membenahi energi dalam rumah klien sekaligus para anggota keluarganya.

3.       Healing Class
Kelas ini adalah untuk terapi transformasi melalui pengelolaan emosi. Ini diperuntukkan bagi klien umum maupun perusahaan.


Displaying 20150919_133002.jpg
Duo Dynamic yang saling mendukung cerita

Yang membuat wanita kelahiran tahun 1974 ini membuka layanan terapi adalah karena ingin berbagi cara untuk melepaskan tekanan, menangani trauma atas kegagalan keluarga/rumah tangga, problem finansial dan bisnis, sampai masalah kehamilan dan reproduksi, yang dipercaya sebagai akar dari gangguan-gangguan psikologis, yang pada akhirnya pun turut menggeroti fisik. Teh Irma yakin, berdasarkan pengalamannya yang sangat getir, apapun persoalannya, Allah pasti akan membantu.

Metode penyembuhan ala the Irma adalah ‘the touch of love’, dimana setiap klien harus dikenalnya terlebih dahulu. Menurutnya, tak kenal maka tak sayang, dan kalau tak sayang bagaimana mau membantu menyembuhkan? Oleh karena itu, perempuan yang suka ngabodor ini merasa harus ‘meneliti’ dulu kliennya, sebelum membantu mengangani permasalahannya.

Obrolan Wanita ini juga dibantu telaah oleh teh Aisha dari segi fiqih dan hukum Negara. Lagi-lagi karena pengalaman pribadinya seputaran rumah tangga yang tidak menyenangkan, beliau tergugah untuk belajar dan mendalami hak-hak wanita dari segi agama maupun undang-undang. Sebagai founder dari Halal Corner, teh Aisha pun merasa perlu berbagi ilmu kepada wanita dimanapun berada. Menurutnya, “Hidup yang penuh kebarakahan adalah yang selalu berusaha mencapai ridho Allah.”. Sungguh sebuah prinsip hidup yang mulia, bukan?

Meskipun berbicara mengenai hak-hak wanita, tapi teh Aisha menekankan bahwa talk show ini bukan untuk menyerang keutamaan laki-laki dalam kodratnya, maupun mendukung Feminisme yang ekstrim. Beliau malahan banyak mencontohkan ketaatan seorang istri terhadap suaminya, seperti tetap sabar, berbicara lembut pada sang imam, meminta izin bila ada keperluan keluar rumah, dan lain-lain, walaupun kadang perlakuan yang diterima tidak sesuai yang diajarkan Allah melalui nabiNya.   

Saat ini, masih ditengah permasalahan yang dihadapi, ibu 3 anak ini masih beraktivitas mengkampanyekan gaya hidup halal demi kebaikan dunia-akhirat di Halal Corner-nya melalui twitter maupun acara-acara seperti ini. Prinsipnya, tidak hanya mencari harta yang halal, tapi juga perlu mengkonsumsi yang halal, hingga semuanya membentuk kesatuan yang diridhoi Alah SWT. 


"Seorang yang beriman tidak pernah berhenti berbuat baik 
untuk mencapai Surga  Tirmidzi” ~ Aisha Maharani.

Jadilah, Sabtu saya kemarin itu penuh makna. Saya banyak belajar dari pengalaman-pengalaman luar biasa, dari dua wanita yang juga luar biasa, yang berhasil mentransformasi dirinya menjadi pembawa kebaikan dan manfaat bagi sesama. Barakallahu fiikum, teteh-teteh semua. Semoga Allah senantiasa memudahkan urusan dalam berdakwah, serta meridhoi setiap langkah dan ikhtiarnya. Aamiin ya rabbal alamin.

“Orang yang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seseorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (khairunnas anfa’uhum linnas)” ~ Rasullullah SAW, diriwayatkan dari Jabir (HR. Thabrani dan aruquthni)

Catatan : Kedua wanita hebat ini dapat diakses di :
                website irmarahayu.com dan twitter @irmasoulhealer 
                blog aishamaharani.blog.com dan twitter @aishamaharanie
            
Wassalamualaikum,
post signature

2 komentar:

  1. Mereka berdua wanita hebat. Karena ujian yg berat jadi derajat mereka ditinggikan, insyaAllah

    BalasHapus
  2. Subhanallah dua perempuan hebat ya ^^b

    BalasHapus