[] Bilik Menulisku: Garuda Mudra untuk Keseimbangan Energi

Selasa, 31 Oktober 2017

Garuda Mudra untuk Keseimbangan Energi

Mudra untuk Keseimbangan Elemen Udara, Mudra for Balancing the Air Element ~ Tubuh terdiri dari 5 elemen, yaitu Api, Ruang, Udara, Tanah, dan Air. Kelima elemen ini saling berkolaborasi, demi mendukung tubuh yang kuat, dan jiwa yang sehat. Oleh sebab itu, sepanjang hidupnya, sejatinya manusia akan terus berusaha menyeimbangkan kelimanya. Ketidakseimbangan dalam elemen-elemen ini akan mengakibatkan timbulnya penyakit, baik sakit fisik, maupun psikis.

Pikiran adalah salah satu yang dikontrol oleh elemen udara, dan saat ini, banyak sekali penyakit yang datang dari pikiran. Terlalu banyak pikiran akan membawa kita pada kecemasan, kekhawatiran, ketakutan, dan gangguan psikis lainnya. Tidak hanya itu, pada gilirannya, ketidakseimbangan ini akan berakhir pada banyak jenis penyakit fisik, seperti masalah-masalah pada perut dan pernapasan. 

Ibu saya tercinta dulu sering berkata, bahwa ia merasa mulas kalau saya akan menjalani ujian sekolah. Pikirannya yang berlebih mengenai ujian saya membawanya pada sakit perut.

Yuk, perbaiki situasi ini dengan Mudra (untuk kembali Berkenalan dengan Mudra, klik di sini)

Garuda Mudra

Garuda dikatakan sebagai salah satu dari banyak jenis burung Elang. Dalam mitologi Hindu, Garuda memang seekor burung, yang dikendarai Dewa Wisnu dalam membela kemanusiaan, memerangi kejahatan. Burung mistis yang memiliki jangkauan sayap lebar, yang membuatnya berjaya di belantara udara.

Garuda, oleh karena itu, dikenal sebagai simbol sayap burung yang terkuat, dan mewakili kebebasan. Melakukan Garuda Mudra, dengan demikian akan selaras dengan filosofinya, yaitu membebaskan jiwa dari beratnya pikiran-pikiran.

Saat mengaplikasikan Garuda Mudra, elemen udara dalam tubuh akan terselaraskan. Garuda Mudra menetralisir pikiran sehingga memberikan efek perasaan nyaman. Kapanpun merasa gundah, suasana hati tidak nyaman, terpecah-pecah pikiran juga tidak menentu perasaan, lakukan Garuda Mudra sampai senyamannya.

Tidak hanya memperbaiki kondisi psikis, Garuda Mudra juga mengaktifasi peredaran darah, menyegarkan organ-organ dalam tubuh baik yang ada di area perut maupun dada, juga menyeimbangkan energi di kedua sisi tubuh. Penyakit-penyakit yang timbul karena pikiran pun dengan sendirinya akan reda.  


Caranya: Bawa kedua tangan ke depan dada. Tautkan kedua ibu jari, dengan posisi tangan kanan berada di atas tangan kiri. Tangkupkan kedua tangan di dada, untuk menentramkan hati dan pikiran, menetralisir elemen udara yang berkecamuk' dalam tubuh sehingga menimbulkan ketidakseimbangan dan penyakit. Aplikasikan selama setidaknya lima menit, atau senyamannya, dan bisa dilakukan kapan saja dibutuhkan.

Catatan: Untuk penderita tekanan darah tinggi, lakukan Garuda Mudra dalam waktu sebentar saja, misalnya 3-5 menit, atau senyamannya.

.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.

Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

2. Untuk Kepribadian yang lebih Baik
3. Untuk Kebahagian Bathin

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  
post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

32 komentar:

  1. Asyiiik ada mudra baru, yang dulu belum hapal, save dulu

    BalasHapus
  2. Keseimbangan memang sangat penting, makasih ilmunya ya, teh

    BalasHapus
  3. boleh dicoba nih, gak da ruginya juga ya kak.. trims ya info nya

    BalasHapus
  4. Aku setiap baca "jurus mudra"baru dari teh Ayu pasti langsung dipraktekin. Tapi aku belum ngerti secara keseluruhan, nanti kalo ketemu mau tanya-tanya. Hehehe

    BalasHapus
  5. Setuju teh, banyak pikiran bikin kondisi badan juga ikutan ngedrop. Asik nih ada mudranya,bisa dijadiin solusi hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya bener, ngaruh dari pikiran ke badan. met mencoba yaa

      Hapus
  6. Pertanyaan : Mudra untuk mengurangi lemak menumpuk ada gaaaaaa??

    BalasHapus
  7. Bisa untuk self healing jugakah?
    MashaAllah...perlu banget aku, teh Ayu...haturnuhun.

    BalasHapus
  8. Wow kayak lagi main bayangan burung ya Teh heheu

    BalasHapus
  9. Uhuhu ulu lg ngedrop nih, sakit & tiduran aja di rumah. Praktekin Mudra sugan cepet sembuh ya secara ga mau minum obat euy

    BalasHapus
  10. Teh bikin bukunya dong, biar aku inget semua. Mudra itu kan manfaatnya banyak banget aku mah pohoan huhu

    BalasHapus
  11. KAyaknya wajib aku print deh biar bisa praktekkin

    BalasHapus
  12. Wah,aku dulu pernah dapet ilmu self healing..kapan2 pingin mraktekin ini.

    BalasHapus
  13. Baru tau istilah pengobatan ini, Teh. Kalau mudra sama yoga kelihatannya kaya yang sama. Sama-sama untuk relaksasi jiwa.

    BalasHapus
  14. Saya bgt teh, suka sakit gara2 pikiran...

    BalasHapus
  15. Mantab tmn gw yg satu ini, selalu punya hal baik yg bs di-share, keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. nuhun doanya, tiok, semoga bermanfaat :)

      Hapus