[] Bilik Menulisku: Koleksi Star Wars Medallion, sebuah Hobi yang memikat hati

Jumat, 20 Oktober 2017

Koleksi Star Wars Medallion, sebuah Hobi yang memikat hati

Apa, yang tidak diberikan untuk sebuah hobi? Rasanya hampir semua direlakan saja ~perasaan, tenaga, waktu, bahkan uang. Kenapa tidak?


Courtsey: M. Ma'ruf Afandi

Sebuah hobi tidak hanya untuk mengisi waktu luang, tapi juga banyak manfaatnya. Misalnya:

1. Menjaga Keseimbangan Jiwa
Sehari-hari, tentu kita berkutat pada pekerjaan dan tugas-tugas harian. Setidaknya selama 8 jam setiap hari, 5 hari setiap minggu, atau kurang lebih, satu pertiga dari total hidup kita. Waktu yang cukup banyak, dengan tenaga dan pikiran yang pasti terkuras.

Dengan hobi, penat lahir-bathin itu bisa direduksi, di-recharge, diseimbangkan.

2. Meluaskan Jaringan
Setiap orang akan dipertemukan dengan hal-hal yang membuatnya tertarik. Pun dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Membicarakan hal yang disukai bersama-sama akan lebih menyenangkan, dan biasanya jarang disusupi dengan obrolan-obrolan yang negatif, seperti gosip atau politik.

Obrolan-obrolan seputar hobi itu kemudian akan terbang ke jenjang yang lebih tinggi. Silaturahimnya jadi bisa lebih bervariasi, misalnya menjadi sebuah hubungan bisnis. 

3. Memperkaya hidup
....dalam banyak segi. Hobi mengoleksi barang langka, tentu akan menjadi investasi yang baik di kemudian hari. Barang-barang yang unik, tidak diproduksi ulang, dan memorable akan memberikan kesan mendalam bagi pencintanya. Untuk alasan tersebut, sebuah koleksi bisa jadi memiliki nilai jauh lebih mahal daripada nilai intrinsiknya.

Tidak hanya dari segi nominal, sebuah hobi mampu membawa si empunya pada kekayaan bathin yang berlimpah. Ia akan rela mencari tahu, menambah wawasan, mendalami tentang apa yang menjadi hobinya. Sebuah hobi bahkan bisa memberikan tantangan tersendiri, hingga menaklukannya adalah pengalaman yang akan sangat berkesan.

Setidaknya, 3 hal tersebut dialami oleh para kolektor koin Star Wars yang berkumpul di acara Launching Star Wars Medallion oleh Alfamart. Pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017, jaringan convenience store yang outletnya sudah mencapai belasan ribu itu menggelar event di Kapulaga Bistro, jalan Dayang Sumbi, Bandung.


courtesy: Intan Rosmadewi

Ini adalah kali kedua Alfamart bekerja sama dengan Disney (selaku pemegang lisensi film Star Wars) dan  RED Enterprise (selaku pembuat koin), untuk meluncurkan koin Star Wars. Tahun lalu, ada beberapa koin emas yang turut dilepas ke pasaran, namun tahun ini sedikit berbeda. Menurut Rani Wijaya, Marketing Communication Manager Alfamart, tahun ini ada 35 desain menarik yang diterbitkan untuk para penggemar, yang berasal dari episode 1-7 film Star Wars. Selain itu, ada tambahan 7 koin versi Limited Edition, dan 3 koin Ultra Limited Edition yang dikhususkan bagi para die hard fans.

3 koin spesial ini tidak main-main berharganya, karena hanya ada 3 di dunia! Untuk itu, 2 dari 3 koin tersebut dilelang untuk bertemu dengan penggemar sejatinya. Salah satunya adalah bapak M. Ma'ruf Afandi.

Bapak tiga anak gadis ini sengaja datang dari kota hujan Bogor hanya untuk menambah koleksinya. Beserta teman-temannya sesama kolektor koin Star Wars yang tergabung dalam sebuah komunitas di Facebook, beliau bergembira ria menikmati acara. Saling bertukar cerita, bercanda, dan tentu saja: berburu koin! Satu yang menjadi incarannya adalah sebuah koin Kylo Ren edisi spesial yang hanya ada 3 buah saja di dunia, dimenangkannya dengan cara lelang seharga 1,2 juta Rupiah!


Ultra Limited Medallion
2 dari 3 koin Kylo Ren yang ada di dunia
Courtesy: M. Ma'ruf Afandi

Saya berkesempatan untuk sedikit mewawancarai beliau, yang sangat antusias bercerita tentang hobinya tersebut. Menurutnya, koin-koin tersebut sangat berharga, mengingat penggemar Star Wars berasal dari berbagai penjuru dunia. Jika saat ini hanya Indonesia yang menerbitkan koin-koin ini, tidak berarti para fans dari negara lain tidak ingin memilikinya. 

Ini cerita serunya tentang pengalamannya berbagi hobi dengan Star Wars fans dari negara lain yang 'wow' banget;
"Saya pernah kedatangan tamu dari Belanda untuk presentasi di kantor saya. Saat jam makan siang, orang itu duduk di sebelah saya. Kebetulan saya sedang berbicara di telepon dengan seorang teman kolektor, dan dia ikut dengar. Lalu saya membuka-buka beberapa foto di handphone dan menceritakan kepadanya tentang koin-koin. Akhirnya satu set koin saya terjual seharga 8 juta lebih ke dia!" 

Satu Set Star Wars Medallion Seri-1
termasuk semua koin reguler dan koin Hitam dan Emas Darth Vader
Courtesy: M. Ma'ruf Afandi

Tak hanya itu, pada peluncuran medallion yang pertama, bapak yang bekerja di FIWA Pesantren ini sering mengajak ketiga anaknya untuk ikut berburu koin di Alfamart, Hasilnya, salah satu putrinya berhasil mendapatkan sebuah koin emas k-250 yang lumayan langka. Tidak hanya dapat koin emas, tapi juga,
"Saya juga pernah mendapat voucher belanja senilai 5 juta Rupiah dan diberikan untuk istri saya.", ceritanya dengan berbinar-binar.
Duuh, lima juta Rupiah dari koin seharga lima ribu saja!


Putri-putri yang ikut hobi mengoleksi koin Star Wars
Courtesy: M. Ma'ruf Afandi

Oya, koin emas Darth Vader yang dimiliki pak Ma'ruf tidak sekadar gold platted, loh. Darth Vader black and Gold Medallion yang didapatkannya dari event Kaskus dan RED Enterprise itu pure gold. Untuk itu, bahkan ada sebuah video untuk menguji keasliannya di youtube ini. Entah dihargai nominal berapa koin-koin logam mulia langka itu bertahun-tahun nanti yaa....

Koleksi Darth Vader yang valuable, Black and Gold Medallion
courtesy: M. Ma'ruf Afandi
    
Begitulah, jika hobi sudah sangat mengambil hati, apa saja dapat dilakukan. Terlebih jika hobinya bisa menambah silaturahim dan menjadi investasi yang dihargai oleh nominal tinggi, rasanya makin senang saja menjalaninya. Ayo, segera berburu koin-koin ini di gerai Alfamart manapun dengan harga 15 ribu Rupiah untuk 3 koin, dan dapatkan hadiah yang terselip di dalamnya dari berbagai perusahaan sponsor!

Terima kasih sebesarnya untuk bapak Ma'ruf yang sudah meluangkan waktu untuk berbincang dan berbagi foto mengenai koleksinya ini. Sungguh saya juga jadi dapat banyak tambahan wawasan mengenai makna sebuah hobi.

Sekilas profil tentang bapak yang saya wawancarai,



Bapak M. Ma'ruf Afandi bertempat tinggal di kota hujan, Bogor, bersama istri dan tiga putri cantiknya. Beliau adalah Head of Finance and Administration di Pesantren FIWA ~ Fitrah Islamic World Academy, Bogor. Pria yang beralmamater di Universitas Merdeka Malang ini dalam kesehariannya bekerja sekaligus (mengaku) turut menjadi santri di pesantren khusus putra tersebut. Pesantren ini menerima santri dari dalam negri juga berbagai penjuru bumi, seperti Amerika, Qatar, Jepang. Di waktu senggang, bapak yang sangat ramah ini akan sangat senang berbagi cerita mengenai koin Star Wars yang diminatinya. Yuk, berbincang lebih lanjut dengan beliau, tentang menjadi santri dan tentang koin di link berikut ini:

facebok.com/maruf.afandi
instagram.com/afandi7777
FIWA Pesantren
FIWA Pesantren Facebook

post signature

30 komentar:

  1. Hobi itu memang sesuatu banget, bisa mengalahkan segalanya

    BalasHapus
  2. Kalau sudah hobi pasti ngoleksi semua medallion nya

    BalasHapus
  3. Iya utk hobi kadang orang rela berkorban banyak...tapi ada kepuasan dibaliknya :)

    BalasHapus
  4. Keren ya penampakan medalinya. Meski bukan penggemar Star Wars, kok aku jadi kepengen. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya keren2, apalagi yg hitam-emas itu, larang jeh, hahahaha

      Hapus
  5. Kolektor bener mah ini si bapak ya mbk. Sampek dibelak in dtg jauh2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, hahaa....malah ada yang dari balikpapan juga

      Hapus
  6. Waduh... asa gimana gitu yaa.. hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa, hatur nuhun wawancaranya, ya pak. Barakallahu fii umrik

      Hapus
  7. kalo sudah hobby memang enngak peduli apapun, meski kadang mahal tapi hati puas

    BalasHapus
  8. Menurut Rani Wijaya, Marketing Communication Manager Alfamart, tahun ini ada 35 koin yang diterbitkan untuk para penggemar, yang berasal dari episode 1-7 film Star Wars. Selain itu, ada tambahan 7 koin versi Limited Edition, dan 3 koin Ultra Limited Edition yang dikhususkan bagi para die hard fans.

    Afwan ... Ada yg Salah 57 Koin :
    1-50 Koin Reguler
    7 Koin Limited Edition

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah salah ya, terima kasih ralatnya, pak :)

      Hapus
    2. Pak Ma'ruf, apakah Bapak senang nonton Star Wars? Siapa tokoh favorit Bapak?

      Hapus
  9. Mantap pak ma'ruf...diam2 punya hobby ciamik... Barokallahu fiikum.

    BalasHapus
  10. Suamiku tu yg ngikutin Star Wars. Kalau aku sih mbedain Star Wars & Star Trek aja nggak bisa :)

    BalasHapus
  11. Keren nih, ditulis dari sudut pandang yang berbeda :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, kebetulan dapet kesempatan ngobrol, jadi diulas dari sana ^^

      Hapus
  12. Suka banget sama Star Wars walaupun belum nonton lengkap 😄

    BalasHapus
  13. Sempat baca tulisan blogger lain tentang acara ini. Rasanya aneh ya Star Wars dengan Disney sebesar itu kerja samanya dengan Alfamart hehe. Tapi ternyata collectible-nya emang legit.

    BalasHapus