[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Batuk dan Pilek - Mudra for Cold

Selasa, 24 Oktober 2017

Mudra untuk Batuk dan Pilek - Mudra for Cold

Mudra untuk Batuk dan Pilek, Mudra for Cold ~ Saat ini, Indonesia sedang mengalami pergantian musim, dari musim panas ke musim penghujan. Peralihan cuaca di daerah iklim muson ini dinamakan Pancaroba, yang ditandai dengan pergolakan cuaca yang tidak menentu. Hujan bisa datang tiba-tiba, saat udara terasa panas. Angin dingin juga berembus kencang, padahal jika suhu udara sedikt saja turun, virus dan bakteri dapat berkembang biak lebih cepat. 

Selain itu, angin dingin juga bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Saat udara sedang dingin, molekul yang bertugas mengidentifikasikan dan menyerang virus yang masuk menjadi kurang peka. Akibatnya, tubuh mudah terserang penyakit, terutama batuk dan pilek. Badan yang hangat bisa jadi menggigil, menyebabkan demam yang biasa menjadi gejala tambahan bila flu menyerang.

Banyak sekali brand obat untuk meringankan gejala flu dan menggigil kedinginan, juga untuk mengatasi batuk dan pilek. Sebagai ikhtiar tambahan, yuk ber-Mudra!


Ada ratusan pose Mudra yang semuanya sangat baik sebagai self healing, fisik dan psikis. Namun untuk penyakit batuk-pilek, flu dan demam yang biasa terjadi saat cuaca sedang tidak bersahabat begini, ada dua yang pas untuk diaplikasikan.

1. Linga Mudra

Linga Mudra dikenal juga dengan nama 'Upright Mudra', atau Mudra Tegak Lurus. Dikatakan demikian karena sesuai dengan posenya; ibu jari yang diangkat ke atas dianggap menyerupai genital pria. 

Ibu jari mewakili elemen api dalam tubuh, dan saat cuaca dingin, tubuh perlu kehangatan. Melakukan Linga Mudra, oleh karenanya akan meningkatkan suhu tubuh. Mengembalikan kepekaan molekul tubuh yang bertugas sebagai sistem imun, sehingga turut menjaga dari segala bentuk infeksi.

Salah satu yang paling sering terjadi di musim peralihan ini adalah infeksi saluran pernapasan, dan Linga Mudra menguatkan sistemnya. Mengaplikasikan Mudra ini akan membantu mengencerkan dahak yang berkumpul di saluran respiratori, sehingga meredakan batuk dan melegakan pernapasan. 


Caranya: Bawa kedua tangan ke depan perut bagian atas, lalu kaitkan, dengan posisi jari-jari tangan kiri di bawah jari-jari tangan kanan. Biarkan ibu jari tangan kiri tetap tegak untuk menguatkan elemen api dalam tubuh, dan menyalurkan energi sesuai dengan fungsinya seperti yang disebut di atas. Aplikasikan selama 10-15 menit dan ulangi setiap saat dibutuhkan.

Catatan: Karena Linga Mudra bertujuan mengaktifkan elemen api, maka tidak disarankan bagi yang sedang demam. Lakukan Mudra ini saat suhu tubuh sudah kembali normal.

2. Samputa Mudra

Dalam bahasa Sansekerta, Samputa berarti 'kuncup'. Samputa juga bisa dimaknai sebagai 'peti harta karun', karena membantu mengendurkan otot-otot di tenggorokan, untuk menyambungkannya dengan suara 'bathin'. Jika suara bathin, atau suara kebenaran yang datang dari hati nurani tersambung dengan baik, maka kalimat yang keluar akan lebih jelas dan berintegritas.

Melakukan Samputa Mudra juga sangat baik bagi kesehatan kelenjar tiroid dan menjernihkan suara. Selain itu, Mudra ini juga turut meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Aplikasikan Samputa Mudra setiap saat membutuhkan komunikasi yang baik, apakah berupa suara vokal yang lebih jernih, maupun suara bathin yang lebih berintegritas.


Caranya: Bawalah kedua tangan ke depan dada, dan buatlah pose seperti kuncup. Kuncup tangan kanan berada di atas tangan kiri, dan lakukan selama setidaknya 5 menit, atau senyamannya.

.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.

Tentang manfaat Mudra lain yang berhubungan, ada di sini:


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"

Selamat mengaplikasikan, semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

33 komentar:

  1. bisa dicoba, mengingat sekarang lagi pancaroba
    tfs

    BalasHapus
  2. Kebetulan saya lagi pilek dan gejala batuk nih

    BalasHapus
  3. Sering kehujanan jadi sering kena bapil yeuuh.
    Nuhuun

    BalasHapus
  4. Cocok nih untuk udara saat ini yang sedang tidak menentu

    BalasHapus
  5. Whuaa...cocok banget buat balita yang suka batpil nih,tapi kira-kira mau ga disuruh pose mudra-nya

    BalasHapus
  6. Nanti Bunda ajarin ah ke anak-anak, jadi batpil nggak usah minum obat

    BalasHapus
  7. Wah, baru sekarang mengenal istilah Mudra. Trims untuk infonya. Jadi tambahan ilmu nih

    BalasHapus
  8. Ih mbakkk.. aku baru tahu kek gini..
    Aku sampe coba coba ini..


    Gampang jg kalau mau aplikasiin.. tanpa harus keluar uang.. hehehe..

    Informasinya bermanfaat bgt mbam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya ini metode lama jadi jarang yang tau.. selamat mencoba ya, moga manfaat ^^

      Hapus
  9. mudra lebih mudah dan menyenangkan ya dari medis lainnya...

    BalasHapus
  10. Pas banget lagi musimnya batpil nih

    BalasHapus
  11. Yeeeay! Pas serumah gantian aja batpilnya...
    Makasih Mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahhaa, saling nular-nularin yaa. selamat mencoba yaa

      Hapus
  12. Pas banget nih buat cuaca sekarang penyebab pilek sama batuk

    BalasHapus
  13. Mau saya coba buat anak-anak, biar bisa melakukannya sendiri.

    BalasHapus
  14. Boleh dicoba, suami lagi batuk juga. Apalagi anak, duuuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul saling nularin yaa.. selamat mencoba yaa ^^

      Hapus
  15. Mau coba mudra ini ah. Siapa tau dengan cara alami dan sederhana ini kita bisa mengatasi segala penyakit ya mbak. Nanti kalau flu dan batuk coba ini ah.

    BalasHapus
  16. Ooh..ini pas dengan saya yang lagi batuk ya. Mari kita coba..

    BalasHapus