[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Harmonisasi Diri

Minggu, 04 Februari 2018

Mudra untuk Harmonisasi Diri

Mudra untuk Harmonisasi Diri, Mudra for Inner Harmony ~ Pernah mendengar kalimat, bahwa sakit badan adalah akibat dari sakit pikiran? Well, pada kenyataannya, terlalu banyak pikiran memang mengundang penyakit. Ketidakseimbangan mental memang mempengaruhi kesehatan fisik.

Jika demikian adanya, apakah berarti bisa dibalikkan keadaannya, bahwa sakit badan bisa disembuhkan dengan cara mengurangi beban pikiran? Pikiran yang ringan dengan segala keberserahan akan membuat ragawi ini senantiasa sehat? 

Mari, buktikan dengan Matangi Mudra :)


Matangi Mudra

Matangi didefinisikan sebagai Dewi Harmonisasi Diri. Matangi dari segi etimologi terdiri dari kata 'Mata' yang berarti 'pikiran/pendapat'. Jadi, Matangi adalah Dewi yang Agung dari pikiran/pendapat, mewakili kata-kata serta berbagai bentuk ungkapan bathin lainnya termasuk seni musik dan tari.

Matangi juga dikaitkan dengan telinga, sebagai indera pendengaran. Dengan menggabungkan kefasihan kata-kata dan kemampuan menjadi pendengar yang baik, tentu akan menghasilkan proses belajar yang sempurna dan mendalam. Selain itu, Matangi juga mewakili orang-orang dengan bakat seni dan kepandaian sehingga dapat berkreasi dengan hasil terbaik.

Mudra yang satu ini berhubungan erat dengan Solar Plexus, yang berada sedikit di atas pusar. Organ-organ di sekitarnya adalah daerah pengendalian Mudra Matangi, yaitu hati, limpa, empedu, pankreas, ginjal. Dengan demikian, melakukan Mudra ini akan memperkuat organ pencernaan. 

Tidak hanya menyehatkan pencernaan, melakukan Matangi Mudra juga baik untuk pernapasan. Aliran udara yang masuk ke daerah Solar Plexus, atau ditarik dalam-dalam menuju perut, akan memanjangkan napas. Energi yang terkumpul di sana akan sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan dan pernapasan.

Menarik napas dengan tenang dan dalam pun akan dengan sendirinya mengajarkan kesabaran. Hal ini pada gilirannya akan mendatangkan ketenangan, membantu menghilangkan kemarahan, melupakan kenangan menyakitkan, menyembuhkan traumatis, dan memungkinkan kita untuk melanjutkan perjalanan hidup dengan energi yang berlimpah.

Karena berfokus di daerah perut tempatnya Chakra Manipura, yaitu inti diri, tempatnya kekuatan dan kemauan berasal, maka melakukan Matangi Mudra akan mendorong kemampuan untuk memahami perjalanan hidup. Membuat pengalaman menjadi jejak yang jelas untuk acuan bergerak maju dengan penuh keyakinan diri. Oleh karena itu, Matangi dikenal juga sebagai 'Dewi Transformasi'. Dengan Mudra ini, kita akan semakin sadar akan kemampuan diri dan terinspirasi oleh kekuatan dalam diri sendiri. 

Caranya: Bawa kedua tangan ke hadapan perut, sedikit di atas pusar, lalu saling jalin jemarinya sambil duduk bersila. Sisakan kedua jari tengah agar tetap lurus berdiri, menghadap ke atas. Lakukan Matangi Mudra senyamannya, setidaknya 5 menit.


.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 
Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

4 komentar:

  1. mudra itu bisa dilakukan dengan cara setenang mungkin ya kak.. Dan ternyata bisa jadi pengobatan alami tanpa efek samping karena membebaskan pikiran ya kak.. intinya mah emang sakt pun bisa berasal dari pikiran makanya kita sebisa mungkin selalu positif thingking ya ka

    BalasHapus
  2. kayak yoga gitu ya...gampang dan yang penting fokus..

    BalasHapus
  3. Pengetahuan bru nih.. Terima kasih.. seperti jari pada naruto yah... insyaAllah bermanfaat. Terutama dalam saya membuat novel, mungkin kelak akan digunakan info ini.. Sekali lagi terima kasih :)

    BalasHapus
  4. aku coba deh
    memang sakit itu biasanya juga dari pikiran

    BalasHapus