[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Kebijaksanaan

Rabu, 13 September 2017

Mudra untuk Kebijaksanaan

Mudra untuk Kebijaksanaan, Mudra for Wise Thinking~ Dulu sekali, yang menguasai daratan adalah penguasa dunia. Para negara digdaya berlomba mencaplok berbagai daerah, untuk memperluas daratannya. Pandangan itu lalu berubah: yang menguasai lautan adalah penguasa dunia, seiring dengan munculnya negara-negara yang berani mengarungi lautan untuk berdagang. Bertahun kemudian, Pak B.J Habibie sempat berkata, bahwa penguasa dunia adalah yang menguasai udara. Beliau paham, bahwa dunia semakin dekat bila ada pesawat.

Saat ini, manusia bertemu dengan sebuah kesadaran baru, yang meguasai dunia adalah pelakon-pelakon dalam dunia maya. Ya, yang dulu mungkin hanya terdengar sebagai mitos belaka sudah terjadi: dunia benar-benar berada dalam genggaman tangan. Kini setiap jengkal bumi hanya sejauh satu-dua klik pada gawai saja. Canggih, ya!

Namun demikian, di manapun berada, mau berkelana lewat jalur darat-laut-udara maupun di dunia maya, tetap harus membawa satu perkara: santun dalam bicara. Terutama di dunia maya, karena internet tidak akan pernah lupa. Apa yang 'diucapkan' dalam internet, akan selamanya tersimpan di sana, dalam belantara petabytes yang bisa dicari lagi, kapan saja.

Oleh karena itu, yuk ber-Mudra Gyan, untuk senantiasa bijak dalam mengeluarkan perkataan.


Gyan Mudra

Gyan Mudra, atau Jnana Mudra, disebut juga 'Mudra of Knowledge', dan merupakan salah satu Mudra utama, dan yang paling sering diaplikasikan. Melakukan Mudra ini mengaktifasikan cakra dasar, yang dapat menstimulasi ketenangan dan kedamaian. Dengan demikian, mengaplikasikan Gyan Mudra akan membantu kita memahami sejatinya pelajaran mengenai kehidupan serta menambah kekhusyukan dalam berkomunikasi dengan Sang Pencipta. 

Gyan Mudra membangkitkan kesadaran atas diri sendiri untuk mencapai versi terbaiknya, dalam berpikir. Kapanpun membutuhkan kesadaran dan keutuhan diri, terutama dalam berkomunikasi, lakukan Mudra ini. Lakukan sebelum mempresentasikan pekerjaan, berbicara dalam sebuah seminar, atau mengeluarkan statement apapun yang sekiranya membutuhkan kebijaksanaan dan pengetahuan --bahkan dalam keadaan marah sekalipun, karena biasanya, marah membuat kita bicara yang tidak diinginkan.

  

Caranya: Hanya dengan menyatukan ujung ibu jari (ibu jari merepresentasikan Tuhan) dengan ujung jari telunjuk (jari telunjuk merepresentasikan manusia) saja. Sebaiknya, lakukan dalam posisi duduk bersila, dengan keadaan sekitar yang tenang, sehingga membantu untuk berkonsentrasi. Bernapas dengan perlahan dan dalam, perhatikan setiap tarikan dan hembusannya, selama setidaknya 5 menit atau senyamannya.

Yuk, menyelaraskan hati dan pikiran, bijaksana dalam berpikir, berkata, dan bertindak, mengarungi hidup dengan lebih wise dan damai dengan Gyan Mudra!

Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature


Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

21 komentar:

  1. Saya bener2 baru baca saat ini istilah mudra. Tfs mb ayu :)

    BalasHapus
  2. Kudu rajin melakukan mudra ini biar bijaksana ya teh. Siplah

    BalasHapus
  3. Asoy nih super sekali Teh, next mudra buat banyak duit ya^^

    BalasHapus
  4. wah baru tahu ane sist, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Aku baru mendengar istilah mudra, Mbak. Terima kasih ya. Jadi nambah ilmu baru deh.

    BalasHapus
  6. Teh, kalo ketemu pengen diajarin langsung ya, da bageeeuuuur, yang simple-simple aja bisi salah. soalnya jari-jari ima mah kaku.

    BalasHapus
  7. Jadi rajin kesini gara-gara penasaran soal mudra
    Mau praktik yang ini lagi deh
    Makasi ya mbak

    BalasHapus
  8. Beberapa kali baca ttg Mudra, jadi tertarik...eh belum nyoba aja tapinya xixixi..

    BalasHapus
  9. Hah? Ya ampun bahkan utk kebijaksanaan pun ada dong! Edun euy.

    BalasHapus
  10. Wah aku perlu juga yang ini. Selepas kerja kantoran aku jadi sering ketemu orang dengan berbagai karakter. Masih suka belepotan juga kalau ditodong ngomong hahaha
    Btw ada mudra biar ga cepet capek, ga? Sama mudra buat kecantikan kulit hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudra buat capek ada teh, Hansi Mudra. Yang buat kecantikan namanya Jal Mudra. Ada semuanya di artikel sebelumnya ^^

      Hapus
  11. Harus dicoba banget ini. Sekarang ngerasa ering gak bijaksana dalam memutuskan sesuatu

    BalasHapus