[] Bilik Menulisku: Mudra Untuk Kesehatan Mata

Rabu, 20 September 2017

Mudra Untuk Kesehatan Mata

Mudra Untuk Kesehatan Mata, Mudra for Eye Problems ~ Seperti yang kita ketahui, mata adalah indra yang utama bagi manusia. Sekitar 80% aktivitas dilakukan dengan bantuan mata, sehingga penglihatan adalah krusial bagi kehidupan.

Terlebih lagi saat ini, di mana 'dunia berada dalam genggaman tangan'. Semua orang seakan tak hentinya memandangi gawai, mengakses dunia melalui kecanggihan teknologi yang bisa hanya dalam sebentuk kotak mungil seukuran telapak tangan. Sayangnya, gawai-gawai tersebut menuntut terlalu banyak perhatian dari indra penglihatan kita. 

Tanpa disadari, mata dibelalakkan, leher dipanjangkan, demi  berkonsentrasi memandangi sang gawai. Padahal, terlalu sering membelalakkan mata untuk mencari fokus yang pas pada retina berarti memaksakan otot-ototnya bekerja keras. Meregang dalam waktu lama hingga kelenturannya memudar, digantikan oleh pandangan yang semakin blur, baik untuk jarak jauh maupun dekat. Leher pun tak kalah tersiksa karena urat-urat sekitarnya turut menegang, membuat bahu pegal dan kaku. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan sakit kepala dan penglihatan memudar karena penggunaan gawai. Salah satunya adalah yang sedang digalakkan sebuah rumah sakit mata di Bandung, yaitu 20-20-20. Saat sudah menggunakan gawai selama 20 menit, sebaiknya mengistirahatkan mata dan tubuh selama 20 detik, dengan cara rileks dan meluaskan pandangan sejauh 20 meter. Itu saja cukup.

Cara lainnya adalah ber-Prana Mudra. Yuk, Berkenalan Dengan Mudra di artikel ini dulu!

Prana Mudra

Prana mengandung arti 'Kehidupan', atau sering juga disebut sebagai 'Napas'. Oleh karenanya, Prana Mudra termasuk Mudra yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk kesehatan mata. Mengaplikasikan Mudra ini dapat membangkitkan energi tubuh yang 'tertidur' untuk meningkatkan imunitas dan vitalitas. Oleh sebab itu, melakukan Prana Mudra dengan teratur akan mengaktivasikan kemampuan self heal.  

Pose jemari Prana Mudra (jari kelingking, jari manis, dan ibu jari) berefek meningkatkan elemen air dan tanah dalam tubuh. Mata adalah salah satu organ vital yang membutuhkan kadar air tinggi. Dengan demikian, Prana Mudra dapat membantu kita dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan penyakit mata, seperti mata yang kering, gatal, merah, katarak, juga meningkatkan penglihatan. Lakukan Mudra ini untuk mengatasi keluhan pada mata, dalam waktu yang bervariasi tergantung pada tingkat keluhannya. Aplikasikan setiap hari selama 2-3 kali sehari dengan konsisten untuk hasil terbaik.



Caranya: Renggangkan tangan, lalu satukan ujung-ujung jari kelingking dan manis dengan ibu jari. Biarkan dua jari lain tetap lurus namun tidak kaku. Untuk 'sekadar' memelihara kesehatan mata atau keluhan ringan, lakukan selama setidaknya 5 menit atau senyamannya. Untuk mengobati gangguan penglihatan, lakukan dalam waktu yang lebih lama, 15-30 menit sehari 2-3 kali. Agar lebih efektif, bantu dengan visualisasi, yaitu dengan membayangkan energi/sinar putih pada mata, dengan niat untuk menyembuhkan/meredakan keluhan. 

......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


3. Untuk Mengatasi Kelelahan

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

26 komentar:

  1. Mudranya mesti dipraktikin nih. Mata saya lebih cepat lelah karena lihat hp mulu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali kali kurangi HP teh, praktekan ini aja..he
      Aku aja penasaran pengen coba :D

      Hapus
  2. Cucok buat gadgetholic kayak aku hehe tfs ya Teh^^

    BalasHapus
  3. Saya hapalin gerakannya, kebetulan memang mata saya kurang sehat teh, mungkin lelah

    BalasHapus
  4. Setuju mb, ini jd bntuk ikhtiar kita ya, bermanfaat bgt infonya mb. Thanks for sharing ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini sebagai bentuk ikhtiar tambahan :)

      Hapus
  5. Wah, satu lagi nih mudra buat kesehatan. Bookmarked!

    BalasHapus
  6. Boleh aku coba neh, biar mata sehat ya

    BalasHapus
  7. Aku jadi belajar juga Mudra gara-gara sering baca artikel Teh Ayu. Hehehe Ilmu baru. Keep sharing ya, Teh.

    BalasHapus
  8. Cocok nih buat saya, saya hapalin langkahnya ah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat kita semua cocok, teh, kerjaanya nuntut berhubungan erat dengan gawai, hahahaa

      Hapus
  9. Aku baru tahu tentang prana mudra ini. Simpel ya pengaplikasiannya. Harus sering dicoba nih. Terimakasih sharingnya mbak :)

    BalasHapus
  10. wah yang ini gampang bentuk tangannya...

    BalasHapus
  11. Wow, bener2 saya baru tau ada healing macam ini. Simple banget ya mba...jd kepo mau ngulik2 lagi

    BalasHapus
  12. Tambah ilmu baru. Makasih mba sharingnya...

    BalasHapus
  13. wah baru tahu,,,makasih sekali informasinya mbak

    BalasHapus
  14. Mudah banget ya mba. Ku baru tau. Makasih ya. Aku dan suami perlu lakuin ini nih

    BalasHapus